Begini Cara Tau Arah Kiblat dari HP

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 01 Juni 2023
0 dilihat
Begini Cara Tau Arah Kiblat dari HP
Setiap Muslim diharuskan salat menghadap kiblat. Namun jika Anda sedang berpergian, ada cara mudah untuk mengetahui arah kiblat. Foto: Repro Cnbcindonesia.com

" Pemanfaatan teknologi saat ini sudah semakin berkembang. Anda bisa tau dimana arah kiblat melalui smartphone "

KENDARI, TELISIK.ID - Menghadap kiblat jadi keharusan bagi Muslim yang hendak melaksanakan salat. Sayangnya saat berpergian, tak jarang kita sering bingung menentukan dimana arah kiblat.

Anda tak perlu khawatir. Pemanfaatan teknologi saat ini sudah semakin berkembang. Anda bisa tau dimana arah kiblat melalui smartphone.

Dilansir dari Cnbcindonesia.com dan Detik.com, berikut lima aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengecek arah kiblat:

1. Muslim Pro Al-Qur'an Salat

Selain mengecek arah kiblat, aplikasi ini juga berisi sejumlah fitur. Mulai dari penunjuk waktu salat, Al-Qur'an, tajwid berwarna, hingga tasbih digital. Selain itu Muslim Pro juga memiliki 14 bahasa terjemahan. Termasuk juga mendukung bahasa Indonesia.

Baca Juga: Cara Download KTP Online Resmi di Hp

Untuk menggunakannya, pengguna diminta data lokasi melalui jaringan dan GPS, penyimpanan foto atau media, serta nomor HP. Aplikasi tersedia untuk Android dan iOS.

2. Kompas Kiblat, Arah Kiblat AR

Fitur yang ada di dalam aplikasi mulai dari menentukan arah kiblat yang akurat, waktu salat, Al-Qur'an beserta terjemahannya, menunjukkan lokasi masjid terdekat, siaran langsung Kaaba TV, serta kumpulan hadis serta asmaul husna.

Aplikasi bisa digunakan dengan mudah karena tampilannya yang sederhana. Untuk mendapatkan hasil akurat, disarankan menjauhkan dari perangkat elektronik lain.

3. 100 Persen Kiblat, Arah Kiblat

Arah kiblat bisa juga dicek melalui aplikasi 100 persen kiblat. Anda bisa mengeceknya secara akurat dengan fitur GPS. Cara menggunakannya, pegang HP pada permukaan data dan jangan lupa jauhkan dari area elektromagnetik dan objek logam. Aplikasi juga didukung fitur atur ulang lokasi untuk hasil lebih akurat.

4. Kiblat Finder Pro

Baca Juga: Deretan Makanan Ini Jangan Dimasak Gunakan Air Fryer

Aplikasi lain yang bisa digunakan adalah Kiblat Finder Pro. Untuk menggunakannya, berikan aplikasi izin dan koneksi internet yang stabil. Sama seperti sebelumnya, untuk mendapatkan hasil akurat jauhkan HP dari benda logam atau magnet.

5. Qibla Connect Find Direction

Untuk mencari arah kiblat dengan aplikasi ini, buka aplikasi dan pilih menu 'Qibla'. Kompas di dalam aplikasi akan menunjukkan arah mata angin dan arah kiblat yang diwakili logo Ka'bah. Fitur lain di dalam aplikasi adalah waktu salat, Al-Qur'an, doa-doa pendek dan pilihan desain kompas yang menarik. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga