Begini Tips Cek Fakta Pemilu 2024 Lewat WhatsApp

Tim Telisik, telisik indonesia
Sabtu, 11 November 2023
0 dilihat
Begini Tips Cek Fakta Pemilu 2024 Lewat WhatsApp
Sekolah kebangsaan di SMKN 4 Kendari, Mafindo beberkan tips cek fakta hanya lewat WhatsApp, Sabtu, (11/11/2023). Foto: Rosmawati/Telisik

" Menjelang Pemilu 2024, misinformasi politik semakin banyak bermunculan di media sosial. Pemilu 2024 diketahui didominasi oleh Gen Z, generasi yang paling aktif di media sosial hingga 24 jam sehari "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjelang Pemilu 2024, misinformasi politik semakin banyak bermunculan di media sosial. Pemilu 2024 diketahui didominasi oleh Gen Z, generasi  yang paling aktif di media sosial hingga 24 jam sehari.  

Banyak pemilih pemula yang kurang memiliki pemahaman tentang pemilu dan cenderung mengikuti keputusan orang tuanya.

Diketahui betapa pentingnya bagi generasi muda untuk menggunakan hak pilihnya. Jika melihat generasi muda saat ini, hampir semuanya berkomunikasi melalui gadget. Oleh karena itu, Gen Z menghadapi tantangan dan peluang di era pemilu.

Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh di program tular nalar 3.0 sekolah kebangsaan di SMKN 4 Kendari mengatakan, dalam memilih harus sesuai hati nurani, dan memilih berdasarkan pelacakan atau pengecekan informasi berdasarkan rekam jejak dari calon atau pasangan calon, berdasarkan visi misi programnya apakah menguntungkan bagi mereka atau tidak.

Baca Juga: Bawaslu Terus Antisipasi Kecurangan dan Pelanggaran di Pemilu 2024

“Di pemilu ini banyak berita hoaks atau berita tidak benar berkaitan dengan pemilu, maka melalui kegiatan ini cek fakta mafindo hadir untuk memberikan edukasi dapat mengetahui mana berita hoaks pada generasi Z," jelasnya, Rabu (11/11/2023).

Teknik unik belajar mengajar berkelompok pada sekolah kebangsaan tersebut terdiri dari empat segmen ini berhasil mencuri perhatian siswa, di lihat dari antusiasme dalam mengikuti diskusi melalui pendamping atau fasilitator Mafindo. Empat segmen ini terdiri dari edukasi pemilu, demokrasi, prebungking, dan edukasi sanksi bagi orang yang menyebarkan informasi hoaks.

"Ini penting bagi mereka untuk menghadapi pemilu karena mereka adalah pemilih pemula dan belum ada pengalaman terkait pemilu, jadi mereka harus mengetahui tahapan pemilu dan tahapan yang terjadi," kata Presedium Mafindo Kendari, Jumrana.

Jumrana pun membeberkan tips dan upaya agar terhindar dari informasi hoaks dan bagaimana cara merespon berita hoaks.

"Melalui sekolah kebangsaan ini kita ajarkan mereka mengantisipasi menerima informasi hoaks, jadi Mafindo itu ada aplikasi Chatbot Kalimasada, jadi kalau misal mereka mendapatkan informasi yang meragukan, mereka bisa menggunakan Kalimasada untuk cek atau memverifikasi informasi tersebut benar atau salah," tutupnya.

Baca Juga: KPU Tetapkan DCT Anggota DPR 9.917 dan 668 DPD RI Pemilu 2024

Chatbot Kalimasada ini penggunaannya sangat mudah, yaitu melalui chat WhatsApp. Pengguna hanya perlu menyimpan nomor 085921600500. Kemudian buka aplikasi WhatsApp dan kirimkan pesan berisi kata kunci yang dibutuhkan ke nomor tersebut.

Hanya dalam waktu sekejap, akun chatbot dengan cepat membalasnya dengan lima pilihan. 1. Cek misinformasi 2. Cek Fakta Terkini, 3. Tips dan trik untuk melawan hoaks, 4. Tentang kami, 5. Perlindungan data.

Pengguna kemudian cukup memilih salah satu menu lalu mengetikkan angkanya yang di pilih, kemudian tekan tombol kirim. Selain mengetikkan kata kunci, pengguna juga bisa meneruskan pesan yang ingin diperiksa. (B)

Penulis: Rosmawati

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga