Berangkat Lewat Pesawat? Pastikan Hal Ini Jika Mudik Lebaran 2023

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 15 April 2023
0 dilihat
Berangkat Lewat Pesawat? Pastikan Hal Ini Jika Mudik Lebaran 2023
Memasuki musim lebaran yang semakin dekat, Lion Air menghimbau pada calon penumpang perlu lebih berhati-hati dalam memperhatikan detail saat membeli tiket pesawat. Foto: Ist.

" Memasuki musim lebaran yang semakin dekat, Lion Air menghimbau pada calon penumpang perlu lebih berhati-hati dalam memperhatikan detail saat membeli tiket pesawat "

KENDARI, TELISIK.ID - Memasuki musim lebaran yang semakin dekat, Lion Air menghimbau pada calon penumpang perlu lebih berhati-hati dalam memperhatikan detail saat membeli tiket pesawat.

Hal itu untuk menghindari masalah dan kekhawatiran di kemudian hari. Seperti yang diungkapkan oleh Corporate Communications Strategic, Danang Mandala Prihantoro. Pihaknya menghimbau untuk selalu memeriksa rinci seperti jadwal penerbangan, rute dan tarif yang dikenakan.

"Calon penumpang harus memeriksa jadwal penerbangan guna memastikan tiba di bandar udara tepat waktu (tidak terlambat)," bebernya, Sabtu (15/4/2023).

Kedua, rute penerbangan. Beberapa penerbangan bisa dilayani secara langsung (direct flight) atau memiliki pemberhentian (transit). Pastikan tahu persis jadwal harus naik dan turun dari pesawat, serta memahami waktu yang diperlukan melakukan perjalanan dari satu bandar udara ke bandar udara lain lain.

Baca Juga: 4 Tips Jitu Atasi Rasa Pegal saat Perjalanan Mudik

Ketiga, tarif. Biaya tiket pesawat dapat berbeda-beda tergantung pada waktu pembelian, jarak tempuh, dan lainnya. Periksa tarif yang dikenakan secara cermat dan memastikan sudah memahami biaya yang akan dikeluarkan untuk perjalanan menggunakan pesawat udara.

Keempat, bagasi. Lion Air memiliki aturan dan ketentuan mengenai batasan berat bagasi yang diizinkan oleh setiap penumpang. Jika berat bagasi melebihi batasan yang ditetapkan, maka calon penumpang harus membayar biaya tambahan.

Lion Air menetapkan batasan gratis berat bagasi tercatat maksimal 20 Kg dan 7 Kg untuk bagasi yang dibawa di kabin pesawat.

Dikutip dari Glints.com, berikut tips mudik:

1. Pesan tiket dari jauh-jauh hari

Anda bisa mudik naik pesawat dengan nyaman, pastikan untuk memesan tiketnya dari jauh-jauh hari. Seperti moda transportasi lainnya, tiket pesawat juga akan menjadi semakin langka seiring momen Lebaran yang mendekat. Sehingga, memesan dari jauh-jauh hari dapat membantumu mengamankan tiket pesawat untuk Lebaran nanti

2. Cek barang bawaan

Tips lainnya yang perlu dipelajari ketika ingin mudik naik pesawat adalah dengan mengecek batas barang bawaan dari maskapai penerbangan yang dipilih.

Dengan melakukan hal ini kamu bisa tahu berapa biaya tambahan yang perlu dikeluarkan jika barang bawaanmu melebihi batas maksimal yang sudah ditentukan.

3. Simpan barang berharga di tas berbeda

Tips lainnya ketika akan mudik dengan naik pesawat adalah dengan menyimpan barang berharga di tas yang berbeda, bukan di koper.

Hal ini penting untuk dilakukan karena koper yang kamu simpan di bagasi ada risiko hilang atau tertukar.

Baca Juga: Pelabuhan Kapal Fery Torobulu Mulai Diserbu Pemudik

4. Bawa botol minum sendiri

Tips lain untuk mudik naik pesawat yang nyaman menurut Forever Break adalah dengan membawa botol minum sendiri yang sudah diisi air.

Terlebih jika waktu perjalananmu panjang, minum air sangatlah penting untuk mencegah dehidrasi.

Tak hanya itu, jika kamu bepergian ketika masih puasa, bekal minum pun bisa membuatmu lebih hemat karena tidak perlu membeli minuman yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga