Besok 1 Ramadan 1441 Hijriah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 23 April 2020
0 dilihat
Besok 1 Ramadan 1441 Hijriah
Sejumlah warga Kendari yang mendatangi Pantai Buhari Kolaka, untuk melihat hilal bulan ramadan. Foto: Ist.

" Sama, kami pun juga sudah melakukan pemantauan hilal di Pantai Buhari Kolaka, ternyata hilalnya tidak terlihat. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kamis hari ini dijadikan sebagai penggenapan bulan Sya'ban menjadi 30 hari. Sehingga besok, Jumat (24/4/2020), adalah hari pertama bulan Ramadan 1441 H.

Perwakilan Tim Pemantau Hilal dari Kendari, Eko Yogyantoro mengatakan, penggenapan bulan Sya'ban menjadi 30 hari ini diputuskan setelah menyelidiki bulan sabit Ramadan sejak sore hingga malam Kamis kemarin, tak ada hilal terlihat di berbagai negara di dunia.

Ia menambahkan, keputusan itu berdasarkan dari hasil rukyat hilal global di berbagai negeri muslim, seperti di Arab Saudi, yang menyatakan bahwa setelah memonitor hilal Ramadan pada malam Kamis, maka tidak terbukti telah terlihat hilal dengan rukyat syar’iy.

Baca juga: Ternyata Membersihkan Telinga Bisa Batalkan Puasa

Oleh karena itu, kata dia, Kamis hari ini adalah penggenapan bulan Sya'ban menjadi 30 hari, dan besok sudah masuk 1 Ramadhan 1441 H yang diberkati.

"Sama, kami pun juga sudah melakukan pemantauan hilal di Pantai Buhari Kolaka, ternyata hilalnya tidak terlihat," katanya, Kamis (23/4/2020).

Penggenapan bulan Sya'ban ini, lanjut dia, berdasarkan hadits yang diriwayatkan Imam al-Bukhari telah mengeluarkan di dalam shahihnya dari jalur Muhammad bin Ziyad, ia berkata, aku telah mendengar Abu Hurairah ra berkata bahwa Rasulullah atau Abu al-Qasim SAW telah bersabda, bahwa berpuasalah kalian karena melihat hilal dan berbukalah karena melihat hilal, dan jika tertutup mendung bagi kalian maka genapkanlah Sya’ban 30 hari.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga