adplus-dvertising

Bingung Pilih SSD Atau HDD? Ini 6 Perbedaannya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 16 Agustus 2022
577 dilihat
Bingung Pilih SSD Atau HDD? Ini 6 Perbedaannya
HDD dan SSD memiliki perbedaan dari kapasitas hingga harga. Foto: Repro pinhome.id

" Salah satu perangkat yang ada pada komputer, laptop, notebook, atau sejenisnya adalah media penyimpanan data "

JAKARTA, TELISIK.ID - Salah satu perangkat yang ada pada komputer, laptop, notebook, atau sejenisnya adalah media penyimpanan data.

Penyimpanan data setidaknya ada dua, yakni SSD dan HDD. Kedua media penyimpanan ini punya perbedaan satu sama lain.

Dikutip dari kingston.com, SSD atau Solid-state drive merupakan media penyimpanan yang menggunakan memori non-volatile (flash) untuk menyimpan dan mengakses data.


Sementara itu, dikutip dari seagate.com, HDD atau Hard disk drive adalah komponen perangkat keras yang menyimpan semua konten digital. Dokumen, foto, musik, video, program, preferensi aplikasi, dan sistem operasi mewakili konten digital yang tersimpan di hard disk. Hard disk dapat berupa eksternal atau internal.

Namun secara sederhana dapat diartikan fungsi keduanya adalah sebagai perangkat yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi yang ada pada laptop atau komputer.

Hanya saja, kedua benda ini memiliki sejumlah perbedaan. Mekanis okezone.com yang merangkum dari berbagai sumber, berikut enam perbedaan SSD dan HDD:

1. Komponen

Komponen penyusun kedua perangkat ini cukup berbeda. SSD menggunakan flash memory atau non-volatile yang mana masih tetap berfungsi untuk menyimpan data jika tegangan dimatikan.

Baca Juga: Fitur Baru WhatsApp Versi Beta: Foto Profil Avatar

Sehingga SSD tidak memiliki alat atau komponen yang dapat bergerak seperti pada HDD. Selain itu, SSD lebih tahan terhadap goncangan dan getaran sehingga meminimalisir kehilangan data akibat kerusakan komponen.

2. Kapasitas

Masalah kapasitas, HDD lebih unggul dibanding SSD. Biasanya HDD memiliki kapasitas 500 GB hingga 1 TB ke atas. Sedangkan, SSD biasanya memiliki kapasitas memori sekitar 128 GB hingga 256 GB.

Namun, jika Anda pengguna SSD, Anda masih dapat mengupgrade kapasitas memori bawaannya.

3. Kecepatan

Kecepatan memproses data SSD lebih unggul dibanding HDD. Karena menggunakan flash memory, SSD dapat memperoses data lebih cepat yaitu sekitar 25 hingga 100 kali lebih cepat dibandingkan HDD.

4. Cara Kerja

Cara kerja antara kedua perangkat ini sangat berbeda. Jika HDD menggunakan cara kerja mekanik dengan memutar piringan yang ada di dalamnya, SSD menggunakan flash memory.

5. Ketahanan

Bicara tentang ketahanan, SSD memiliki daya tahan yang lebih unggul dari HDD. Karena menggunakan flash memory dan ukurannya yang lebih ringkas membuat benda ini lebih lebih tahan getaran dan goncangan.

Baca Juga: Panggilan Spam Mengganggu? Ini Cara Blokir Nomor Tak Dikenal di Android dan Iphone

Sementara itu, karena HDD masih menggunakan sistem kerja mekanik dengan piringan di dalamnya, membuatnya rawan mengalami kerusakan.

6. Harga

Jika dilihat dari harganya, SSD memiliki harga yang lebih mahal dari HDD. Hal ini wajar jika dibandingkan dengan kecepatan yang ditawarkan oleh SSD. Selain itu, terdapat manfaat lain dari SSD yang tidak dimiliki HDD.

Itulah beberapa perbedaan antara SSD dan HDD. Jadi silakan sendiri putuskan, mau pakai media penyimpanan data yang mana. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga