Buat Skripsi? Ini 4 Rekomendasi Situs Web untuk Bahan Referensi Kamu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 30 Januari 2023
0 dilihat
Buat Skripsi? Ini 4 Rekomendasi Situs Web untuk Bahan Referensi Kamu
Ada beberapa rekomendasi situs web yang bisa membantu untuk mencari bahan referensi skripsi. Foto: google.com

" Salah satu syarat wajib yang harus dibuat setiap mahasiswa untuk meraih gelar sarjana adalah skripsi. Untuk mencari bahan referensi skripsi ini, bisa lewat situs website "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu syarat wajib yang harus dibuat setiap mahasiswa untuk meraih gelar sarjana adalah skripsi. Untuk mencari bahan referensi skripsi ini, bisa lewat situs website.

Pada umumnya, dikutip diteteskan.com, skripsi merupakan karya tulis ilmiah yang ditulis mahasiswa dan dibimbing oleh dosen untuk memperoleh gelar sarjana.

Ada banyak tata cara penulisan skripsi. Umumnya setiap kampus memiliki ketentuan yang berbeda. Namun, secara umum, penelitian skripsi dibagi menjadi dua, yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif.

Untuk mencari bahan referensi skripsi ini, bisa dengan membuka situs website tertentu yang bisa membantu para mahasiswa menyelesaikan tugas akhirnya ini sebelum meraih sarjana.

Baca Juga: 12 Cara Alami Redakan Nyeri Haid

Melansir yoursay.id, berikut beberapa rekomendasi situs web untuk mencari bahan referensi skripsi bagi mahasiswa:

1. SAGE Journals

SAGE Journals merupakan situs web penerbit artikel-artikel jurnal berskala global asal Amerika Serikat. SAGE Journals menyediakan beragam kategori artikel jurnal, misalnya seperti sains, kesehatan, teknik mesin, ilmu pengetahuan sosial, dan kemanusiaan.

Meski lebih banyak menerbitkan artikel jurnal berbayar, SAGE Journals juga menyediakan artikel jurnal open access (bisa diakses secara gratis) yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa sebagai referensi skripsi.

Untuk mengetahui artikel jurnal mana saja yang open access, kamu perlu mencari artikel jurnal sesuai yang kamu inginkan pada kolom pencarian dan memilih opsi “Open Access” setelah hasil pencarian artikel jurnalmu muncul.

2. Neliti

Neliti merupakan situs web asal Indonesia yang menyediakan tiga jenis konten akademik berupa repositori institusi, jurnal akademik, dan konferensi akademik. Mahasiswa dapat mencari berbagai macam artikel jurnal dari beragam kampus di Indonesia yang telah bekerja sama dengan Neliti.

Meskipun Neliti lebih dominan menyediakan jurnal-jurnal asal Indonesia, Neliti juga menyediakan jurnal-jurnal dari negara lain, antara lain yakni Amerika Serikat, Polandia, Malaysia, Filipina, India, Ekuador, Uni Emirat Arab, Turki, dan Inggris.

3. Taylor & Francis Online

Taylor & Francis Online merupakan situs web yang menyediakan lebih dari 4,8juta artikel jurnal berbahasa Inggris.

Hampir mirip seperti SAGE Journals, situs web tersebut memiliki lebih banyak artikel jurnal berbayar dibandingkan artikel jurnal open access.

Meski begitu, kamu tetap bisa mencoba mencari artikel jurnal yang sesuai dengan topik pilihanmu secara gratis dengan cara memasukkan kata kunci dari topik penelitianmu dan menyaring hasil pencariannya dengan cara mencentang opsi “only show Open Access” di bagian Filters.

Baca Juga: 6 Tips Minum Kopi Turunkan Berat Badan

4.  ResearchGate

ResearchGate merupakan platform sosial bagi para peneliti dan ilmuan untuk berbagi publikasi atau karya tulis ilmiah dan melakukan tanya-jawab yang berhubungan dengan kajian ilmiah. Mahasiswa dapat menemukan beragam artikel jurnal internasional secara gratis di ResearchGate.

Topik-topik ilmiah yang tersedia di ResearchGate pun sudah cukup lengkap, mulai dari topik saintek (sains-teknologi) hingga soshum (sosial-hukum).

Nah, itulah beberapa rekomendasi situs web yang bisa membantu untuk mencari bahan referensi skripsi. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga