Bukan AHY, 4 Sosok Ini Cocok Buat Cawapres Anies Baswedan

Musdar, telisik indonesia
Kamis, 13 Oktober 2022
0 dilihat
Bukan AHY, 4 Sosok Ini Cocok Buat Cawapres Anies Baswedan
Erick Thohir, Khafifah Indar Parawansa, Airlangga Hartarto dan Andika Perkasa dinilai layak menjadi cawapres Anies Baswedan di Pilpres 2024. Foto: Repro merdeka

" Anies-AHY kerap dipasangkan sebagai capres-cawapres di Pilpres 2024. Tetapi simulasi keduanya menunjukkan perolehan suara yang tidak begitu signifikansi ketimbang pasangan lain "

JAKARTA, TELISIK.ID - Anies-AHY kerap dipasangkan sebagai capres-cawapres di Pilpres 2024. Tetapi simulasi keduanya menunjukkan perolehan suara yang tidak begitu signifikansi ketimbang pasangan lain.

Menurut akademisi politik sejumlah kampus di Indonesia Efriza, Anies Baswedan harus menyiapkan bakal cawapres alternatif untuknya, tidak Anies-AHY melulu yang digembor-gemborkan.

Efriza menyebut, ada empat sosok yang menurutnya ideal dipasangkan dengan Anies Baswedan.

Keempatnya ialah Erick Thohir, Khofifah Indar Parawansa, Airlangga Hartarto serta Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Baca Juga: Parpol Siap-siap, KPU Sulawesi Tenggara Segera Verifikasi Faktual untuk Pemilu 2024

Elektabilitas keempatnya menjadi salah satu pertimbangan, sehingga dianggap layak mendampingi Anies Baswedan.

Di sisi lain, Erick Thohir adalah bagian dari pemerintah yang berlatar belakang pengusaha sukses dan dinilai sebagai figur yang merepresentasikan organisasi Nahdlatul Ulama.

Kemudian Panglima TNI Jenderal Andika yang banyak membuat terobosan positif.

Andika dinilai bisa meyakinkan masyarakat dalam kondisi ekonomi, pertahanan dan keamanan negara ke depan.

Apalagi kalau resesi ekonomi ke depan benar-benar terjadi. Salah satu yang bisa meredam gejolak akibat resesi adalah figur TNI.

"Figur militer lebih menenangkan dan nyaman bagi masyarakat. Dan saya yakin NasDem akan menerima, karena tiga nama yang sebelumnya diusulkan NasDem adalah Panglima TNI Jenderal Andi Perkasa," jelasnya.

Kemudian Airlangga Hartarto, Ketum Partai Golkar dengan kader yang solid. Selain itu Airlangga dinilai berhasil membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia. Terbukti tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi masih tinggi.

Begitu juga Khafifah Indar Parawansa, tokoh perempuan NU yang sukses memimpin Jawa Timur.

Khofifah juga dinilai akan melengkapi suara pemilih Anies Baswedan dari kalangan perempuan.

Saya juga yakin dengan empat nama ini Jokowi tidak akan mereshuffle NasDem dari pemerintahan. Beda kalau AHY, Jokowi pikir panjang, mendingan NasDem di reshuffle," Efriza.

Baca Juga: Masyarakat Sobo Warkop Dukung Andika Perkasa Maju Pilpres 2024

Sebelumnya dikutip dari detikNews, Anies mengaku masih menjalin komunikasi untuk memenuhi ambang batas 20 persen. Maka itu dia belum memikirkan soal siapa cawapres yang akan mendampinginya.

"Bagaimana 20 persen itu tuntas, tentu saja harus komunikasi. Saya sudah dideklarasikan oleh NasDem sebagai bakal calonnya, mau tidak mau akan terlibat dalam komunikasi," kata Anies.

Meski demikian, Anies menyebut tiga kriteria sosok cawapres yang diinginkannya. "Pasangan yang bisa membantu pemenangan, kedua memiliki kontribusi untuk jaga stabilitas koalisi, membantu untuk menjalankan pemerintahan yang efektif," kata Anies.

Menurut Anies, tiga unsur itulah yang akan menentukan siapa cawapresnya kelak. (C)

Penulis: Musdar

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga