Bupati Kolut Ajak Masyarakat Manfaatkan Air dengan Efisien

Muh. Risal H, telisik indonesia
Jumat, 17 Januari 2020
0 dilihat
Bupati Kolut Ajak Masyarakat Manfaatkan Air dengan Efisien
Bupati Kolaka Utara Nur Rahman Umar saat menghadiri serah terima pembangunan dan pemanfaatan IPA dari Balai Prasarana Pemukiman

" Hal ini berarti bahwa ketersediaan air bersih bagi masyarakat sangat substansial sehingga pembangunan struktur penyediaan air bersih di daerah ini menjadi salah satu prioritas utama pembangunan dan pelayanan air bersih oleh Pemda Kolut. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Untuk memenuhi kebutuhan dan ketersediaan air bersih bagi masyarakat Kolaka Utara (Kolut), Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, SH terus melakukan berbagai langkah strategis, salah satunya dengan melobi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sehingga tahun ini melalui Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sultra, Pemda Kolut dapat memanfaatkan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) baru dengan kapasitas 20 liter perdetik yang terletak di Desa Lalombundi, Kecamatan Pakue.

Baca Juga: Lanjutkan Interpelasi, DPRD Tunggu Data Dinas PU

Menurut bupati, ketersediaan air bersih merupakan kebutuhan hidup manusia yang berdampak langsung bagi kesejahteraan fisik, sosial, dan ekonomi masyarakat. Selain itu, ketersediaan air bersih sangat dibutuhkan manusia secara terus menerus untuk berbagai keperluan, tidak hanya keperluan rumah tangga tetapi juga kebutuhan masyarakat yang bernilai ekonomis.

"Hal ini berarti bahwa ketersediaan air bersih bagi masyarakat sangat substansial sehingga pembangunan struktur penyediaan air bersih di daerah ini menjadi salah satu prioritas utama pembangunan dan pelayanan air bersih oleh Pemda Kolut," kata Nur Rahman, Kamis (16/1/2020), saat serah terima pemanfaatan dan pengelolaan pembangunan IPA dari Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sultra.

Lebih lanjut Nur Rahman menyampaikan, berdasarkan data dari instansi terkait saat ini persentase penduduk Kolaka Utara yang dapat mengakses air bersih hanya sekitar 60%. Sehingga upaya lanjutan perlu ditingkatkan dalam hal ketersediaan air bersih baik melalui penggunaan APBN maupun APBD.

"Kami berharap dengan serah terima dan pengelolaan pemanfaatan IPA untuk masyarakat Kecamatan Pakue, ini dapat menambah kapasitas layanan air bersih pada masyarakat Kolut," terangnya.

Pasangan H. Abbas, SE ini, juga berpesan kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tanpanama Kolut, untuk melakukan langkah-langkah inovatif dalam menjalankan program-programnya, sehingga kedepannya PDAM bisa menjadi perusahaan air minum yang mandiri dan prima dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam yang melimpah di Kolut.

"Kami juga mendorong agar kedepannya PDAM bisa zero ketergantungan terhadap APBD, tentu melalui kerjasama antara pihak dengan menggandeng investor yang peduli terhadap pengelolaan air bersih," pinta Nur Rahman.

Politisi Demokrat ini mengimbau masyarakat agar memanfaatkan fasilitas IPA tersebut dengan sebaik-baiknya dan menggunakan air sesuai kebutuhan.

"Saya mengimbau kepada masyarakat khususnya Kecamatan Pakue agar memanfaatkan pasilitas IPA ini dengan baik-baiknya dan menggunakan air sesuai kebutuhan. Yang tak kalah pentingnya mari menjaga serta merawat pasilitas IPA tersebut sehingga bisa dimanfaatkan dalam waktu yang lama," harapnya.

Kegiatan yang berlangsung khidmat ini dihadiri oleh Kepala Balai Prasarana Pemukiman wilayah Sultra, wakil bupati, Direktur PDAM, Anggota DPRD Kolut, Camat Pakue, kepala desa, dan tokoh masyarakat.

Reporter: Muh. Risal
Editor: Rani

Baca Juga