Bupati Konawe Tegaskan Fokus Turunkan Angka Stunting

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 31 Oktober 2022
0 dilihat
Bupati Konawe Tegaskan Fokus Turunkan Angka Stunting
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa menegaskan untuk mempercepat proses penurunan angka stunting di daerahnya. Foto : Ist.

" Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, meminta organisasi perangkat daerah (OPD) agar bersinergi untuk menuntaskan masalah stunting "

KONAWE, TELISIK.ID - Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, meminta organisasi perangkat daerah (OPD) agar bersinergi untuk menuntaskan masalah stunting.

KSK menjelaskan, stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak usia di bawah 5 tahun akibat kekurangan gizi kronis.

"Masalah stunting ini harus menjadi gerakan bersama. Semua OPD agar menempatkan masalah stunting sebagai prioritas penanganan dalam program kerjanya," jelasnya, Senin (31/10/2022).

Baca Juga: Pilkades Serentak di Muna Dijadwalkan 13 November

KSK juga menuturkan, stunting dapat berdampak langsung atau mempengaruhi kecerdasan intelektual anak dalam tumbuh kembangnya.

Senada, Sekda Konawe, Ferdinand Sapan menyebutkan, salah satu upaya percepatan penurunan stunting di daerah itu yakni dengan membentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Konawe dan Tim Pendamping Keluarga (TPK) desa di 291 desa.

Baca Juga: Cabor Muna Barat Dapat Rp 8,6 Miliar Persiapan Porprov

"TPPS Konawe ini diketuai langsung oleh saya selaku Sekda Konawe," tambahnya.

Sementara TPK dibentuk oleh kepala desa masing-masing, selaku pelaksana kegiatan di ketuai oleh PKK desa yang dibantu dari kader posyandu dan bidan desa.

Sementara itu, data dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tenggara, khusus Kabupaten Konawe angka prevalensi stunting mencapai 26,4 persen. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga