Buruh Minta Gubernur Khofifah Diinterpelasi Gegara Dinilai Tetapkan UMK Bermasalah

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Rabu, 28 Desember 2022
0 dilihat
Buruh Minta Gubernur Khofifah Diinterpelasi Gegara Dinilai Tetapkan UMK Bermasalah
Buruh di Jawa Timur mendesak agar Gubernur Khofifah diinterpelasi karena dinilau seenaknya tetapkan UMK. Foto: Try Wahyudi Ari Setyawan/Telisik

" Puluhan buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Sidoarjo Bersatu berdemonstrasi di DPRD dan Kantor Gubernur Jawa Timur. Mereka menolak adanya penetapan UMK (upah minimum kabupaten/kota) di Jawa Timur "

SURABAYA, TELISIK.ID - Puluhan buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Sidoarjo Bersatu berdemonstrasi di DPRD dan Kantor Gubernur Jawa Timur. Mereka menolak adanya penetapan UMK (upah minimum kabupaten/kota) di Jawa Timur.

Alasannya, keputusan gubernur yang menetapkan UMK tersebut telah mengabaikan usulan dewan pengupahan, baik tingkat kabupaten sampai tingkat provinsi.

"UMK yang ditetapkan Gubernur Khofifah tak sesuai keinginan buruh di Jawa Timur," ungkap Koordinator FSBI, Edy Prayitno, Rabu (28/12/2022).

Baca Juga: Apakah Indonesia Ikut Terdampak Resesi 2023?

Baca Juga: Hibah Rp 300 Juta Dukung Kerukunan Beragama di Muna Barat

Edy mengatakan, penetapan UMK oleh Gubernur Khofifah dinilai telah serampangan, sehingga tak mempertimbangkan keinginan buruh yang diwakilkan di dewan pengupahan di masing-masing daerah.

Senada dengan Edy, perwakilan Serikat Pekerja Nasional (SPN), Sugiono mengatakan, buruh di Jawa Timur mendesak pihak DPRD untuk mengajukan hak interpelasi ke Gubernur Khofifah karena dinilai melanggar Undang-Undang.

"Keputusannya untuk menetapkan UMK tersebut sudah melakukan pelanggaran dan sudah saatnya diinterpelasi," jelasnya.

Tak hanya itu lanjut Sugiono, atas pelanggaran tersebut buruh minta mendagri memberi sanksi Gubernur Khofifah. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga