Calon PPK Muna Diuji Pengetahuannya

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 11 Desember 2022
0 dilihat
Calon PPK Muna Diuji Pengetahuannya
Calon PPK saat mengikuti tes wawancara yang dilakukan Komisioner KPU Muna. Foto: Ist.

" Tahapan seleksi penerimaan calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024 memasuki babak akhir tes wawancara "

MUNA, TELISIK.ID - Tahapan seleksi penerimaan calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024 memasuki babak akhir tes wawancara.

Tes wawancara dimulai sejak 11-13 Desember yang diikuti 327 calon PPK yang lulus seleksi tertulis pada 6-7 Desember lalu.

"Tes wawancara dilakukan untuk menguji kemampuan dan pengetahuan para peserta tentang kepemiluan," kata Kubais, Minggu (11/12/2022).

Selain pengetahuan, rekam jejak peserta juga menjadi pertimbangan kelulusan. Dari 374 peserta itu, KPU hanya akan menerima 110 orang untuk di 22 kecamatan. Tiap kecamatan masing-masing lima orang PPK.

Baca Juga: PT Antam Komitmen Berdayakan Masyarakat Sekitar Tambang Konawe Utara

"Penentu kelulusan, kita akan akumulasikan nilai tes tertulis dan wawancara," timpalnya.

Sementara itu, Kordiv Parmas dan SDM KPU Muna, Nggasri Faeda menerangkan, ketentuan peserta tes wawancara sebagaiamana diatur dalam ketentuan Keputusan KPU Nomor 476 Tahun 2022 tentang pedoman teknis pembentukan badan ad hoc penyelenggara Pemilu dan Pilkada menetapkan paling banyak tiga kali jumlah kebutuhan anggota PPK yang lulus seleksi tertulis.

Apabila terdapat kesamaan nilai seleksi tertulis pada urutan terakhir dari jumlah kebutuhan anggota PPK, seluruh calon anggota PPK yang memiliki nilai sama tersebut dinyatakan lulus seleksi tertulis.

Hari pertama pelaksaaan tes wawancara diikuti calon anggota PPK yang berasal dari Kecamatan Batalaiworu sebanyak 15 orang, Kecamatan Batukara 15 orang, Bone 15 orang, Duruka 15 orang, Kabangka 11 orang, Kabawo 15 orang, Katobu 15 orang dan Kecamatan Kontunaga 16 orang.

Baca Juga: Oknum BPN Muna Barat Diduga Pungli Pengurusan Sertifikat Tanah

"Total peserta hari pertama 117 orang," sebutnya.

Calon PPK diwawancara langsung oleh komisioner KPU. Bagi, peserta yang belum mengikuti tes hari pertama, dapat mengikuti di hari kedua dan ketiga. Adapun jadwal hari kedua akan dilakukan bagi calon PPK dari Kecamatan Kontukowuna, Lasalepa, Lohia, Maligano, Marobo, Napabalano dan Parigi.

Kemudian, hari ketiga meliputi Kecamatan Pasir Putih, Pasikolaga, Tongkuno, Tongkuno Selatan, Towea, Wakorumba Selatan dan Watopute. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga