Calon Tunggal Ketua Kadin Rafidin Didukung Bupati Muna

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 20 Februari 2023
0 dilihat
Calon Tunggal Ketua Kadin Rafidin Didukung Bupati Muna
Calon Ketua Kadin Muna, LM Rafidin saat menyerahkan berkas pendaftaran pada panitia muskab. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kepengurusan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kabupaten Muna sempat vakum selama setahun. Hal tersebut dampak dari berakhirnya masa jabatan kepengurusan periode sebelumnya "

MUNA, TELISIK.ID - Kepengurusan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kabupaten Muna sempat vakum selama setahun. Hal tersebut dampak dari berakhirnya masa jabatan kepengurusan periode sebelumnya.

Kadin Sulawesi Tenggara tidak mau kepengurusan organisasi yang menghimpun para pengusaha di Bumi Sowite itu dibiarkan berlarut-larut kosong. Karenanya, menunjuk Fendi Abdulah Hairin sebagai karetaker Kadin Muna.

Fendi bilang, setelah mendapat mandat, langsung melakukan konsolidasi untuk membentuk panitia Musyawarah Kabupaten (Muskab) Kadin Muna VI dan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna.

Baca Juga: Hugua Minta Masyarakat Muna Manfaatkan Program PTSL

"Panitia sudah terbentuk dan telah selesai menerima pendaftaran calon," kata Fendi, Senin (20/2/2023).

Steering Commitee (SC), La Ode Kadaruddin menerangkan, pendaftaran calon dibuka sejak 10-20 Februari 2023. Selama 10 hari itu, hanya satu calon yang mengambil dan mengembalikan formulir pendaftatan. Adalah LM Rafidin. Setelah dilakukan verifikasi syarat umum dan teknis, Rafidin dinyatakan memenuhi syarat sebagai calon tunggal Ketua Kadin Muna pada Muskab yang akan digelar 27 Februari mendatang.

"Berkasnya sudah kami verifikasi. Salah satunya, Rafidin yang tercatat sebagai pemilik perusahaan mampu mendaftarkan 20 perusahaan lainnya sebagai peserta Muscab," ungkapnya.

Organiseer Commitee (OC), Sukarni Alimadya mengaku, telah berkoordinasi dengan Bupati Muna, LM Rusman Emba terkait pelaksanaan Muskab Kadin. Bupati, kata dia merespon positif dan mendukung Rafidin sebagai Ketua Kadin.

"Pak bupati mendukung Rafidin, kita tinggal bawa nantinya di muskab," katanya.

Baca Juga: Viral Emak-emak di Muna Hajar Seorang Wanita, Kaki Melayang ke Muka

Sukarni menerangkan, Kadin merupakan tempat bernaunganya pengusaha dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat. Kadin tidak berdiri sendiri. Tetapi, harus selalu berkolaborasi dengan pemkab, sehingga dapat bersama-sama mengembangan apa yang menjadi potensi daerah.

"Di Muna ada batu kapur dan pariwisata yang bisa dikembangkan. Kita harapkan dengan adanya Kadin, bisa bersama-sama Pemkab Muna melakukan langkah-langkah yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, calon Ketua Kadin Muna, LM Rafidin mengaku, bila diberi amanah akan melakukan kerja sama dengan pemkab dan merangkul para pengusaha. Ia berjanji akan mendorong organisasi lebih maju melalui kerja-kerja nyata yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga