Cara Hemat Anak Kos Dijamin Aman Sampai Akhir Bulan

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Minggu, 22 Mei 2022
0 dilihat
Cara Hemat Anak Kos Dijamin Aman Sampai Akhir Bulan
Kemampuan mengelola keuangan menjadi hal yang sangat penting bagi anak kos, demi terpenuhinya kebutuhan setiap bulan. Foto: Pluang.com

" Sebagai anak kos, berhemat adalah kewajiban. Jika bisa dilakukan sendiri, kenapa harus menggunakan jasa orang lain yang harus dibayar "

KENDARI, TELISIK.ID - Jika ditanya mengenai apa yang identik dengan anak kos, sebagian orang akan mengingat mie instan, makanan seadanya dan aktivitas rumah seperti mencuci dan membersihkan yang dilakukan sendiri.

Sebagai anak kos, berhemat adalah kewajiban. Jika bisa dilakukan sendiri, kenapa harus menggunakan jasa orang lain yang harus dibayar.

Oleh sebab itu, kemampuan mengelola keuangan wajib dimiliki para anak kost agar masalah kekurangan biaya yang sering terjadi setiap bulan bisa teratasi.

Dilansir dari yoursay.suara.com dan modalrakyat.id, ada beberapa kebutuhan yang harus diperhatikan serta disiapkan sejak awal agar tidak pusing kedepannya, simak beberapa tips ini untuk mengatur keuangan selama di kos:

1. Membuat anggaran kebutuhan

Membuat anggaran kebutuhan yang disesuaikan dengan jumlah uang bulanan, bisa jadi sangat membantu dalam mengelola keuangan anak kos.

Dalam anggaran tersebut, ada yang harus diprioritaskan terlebih dahulu, seperti uang untuk makan, transportasi dan lainnya.

2. Sisihkan uang untuk kebutuhan mendadak

Kebutuhan yang datang tanpa kita ketahui sebelumnya seringkali terjadi, tidak terkecuali pada anak kos, terutama bagi yang sedang menempuh pendidikan di bangku kuliah.

Baca Juga: Cuma Bayar Rp1.000 Sudah Bisa Nonton Bintang Tamu di Festival Allo Bank 2022?

Untuk menyiasati agar kita siap dalam kondisi tersebut, maka setiap bulan usahakan untuk menyisihkan dana darurat.

Jika dana tersebut tidak terpakai, maka bisa dialokasikan untuk dana tabungan atau kebutuhan lain yang masih kurang.

3. Coba masak sendiri

Menyiapkan uang makan setiap bulan sangat perlu dilakukan, akan lebih baik jika anak kos coba untuk memasak sendiri yang bisa lebih menekan jumlah pengeluaran.

Tidak hanya lebih hemat, memasak sendiri tentu lebih menyehatkan. Kamu tinggal membeli bahan-bahan masakan secukupnya sesuai dengan kebutuhan.

Tidak perlu memasak yang sulit, masak yang sederhana juga bisa mengenyangkan. Kamu bisa memasak makanan kesukaanmu sendiri.

4. Bagi anak kuliahan sisihkan uang tugas lebih awal

Tugas adalah salah satu kebutuhan penting yang harus diperhatikan. Sebab, terkadang secara tidak sadar tugas ini memakan dana yang lumayan banyak.

Balah seringkali memakai dana untuk kebutuhan lain. Oleh karena itu, lebih baik jika kamu menyisihkan dana sendiri untuk tugas agar kedepannya tidak menggangu keperluanku untuk hal lain.

5. Kurangi nongkrong

Bagi mahasiswa, kegiatannya tidak jauh-jauh dari belajar di kampus dan nongkrong bareng teman. Kegiatan nongkrong ini penting sebenarnya karena bisa membuatmu punya banyak teman.

Namun, jika dengan nongkrong membuat uangmu cepat habis, sebaiknya segera kurangi, hal itu bisa dilakukan sesekali, jadi kamu tidak perlu merasa cemas kehilangan teman.

Baca Juga: Mengenal TikToker Khaby Lame yang Raup Rp 71,7 Miliar Tanpa Berbicara

6. Siapkan dana ransportasi dan Jajan

Transport dan jajan sehari-hari adalah kebutuhan yang dananya bisa menyesuaikan. Namun, bukan berarti  diabaikan juga.

Sebab, bagaimanapun anak kos pasti butuh biaya transport dan jajan untuk self reward. Kamu boleh saja jajan di luar, tapi harus dianggarkan dengan budget yang sesuai dengan kemampuan kamu. (C)

Penulis: Andi Irna Fitriani

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga