Catat, Ini 3 Tips Bijak Memilih Jurusan Kuliah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 21 September 2022
0 dilihat
Catat, Ini 3 Tips Bijak Memilih Jurusan Kuliah
Memiliki pengetahuan dasar sebelum memilih jurusan kuliah hal yang penting agar tidak salah pilih. Foto: Repro google.com

" Pertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan, jangan sampai salah memilih jurusan kuliah "

KENDARI, TELISIK.ID - Seorang pelajar yang ketika mendekati lulus SMA dan akan memilih melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, maka dia harus memilih jurusan yang akan dimasukinya.

Dikutip dari gramedia.com, pertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan, jangan sampai salah memilih. Pasalnya, kebanyakan mahasiswa semester 2 baru menyadari kesalahan ini. Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah publikasi ilmiah dari Educational Psychologist oIeh Integrity Development Flexibility (IDF) Irene Guntur, M.Psi., Psi., CGA.

Dalam publikasi ilmiah tersebut dijelaskan bahwa ada sekitar 87% mahasiswa Indonesia salah jurusan.

Nah, agar tidak menjadi salah satunya, penting untuk kamu mengetahui tips bijak sebelum menentukan jurusan kuliah yang paling tepat.

Melansir akupintar.id, berikut tips yang bisa kita lakukan untuk memilih jurusan kuliah:

Baca Juga: 3 Tips Hilangkan Sifat Pemalu yang Berlebihan

1. Pahami Minat dan Bakat yang Dimiliki

Ketika dihadapkan pada sekian daftar jurusan kuliah yang harus dipilih, baik dari orang tua ataupun pilihan diri sendiri, kita membutuhkan alasan yang tepat untuk memilih.

Cara memilih jurusan kuliah tentu berbeda dari cara kita memilih menu makanan atau tema ponsel, misalnya, sebab kita masih bisa menggantinya ketika ternyata ponsel atau makanan itu tidak sesuai dengan keinginan kita.

Namun berbeda dengan memilih jurusan. Ketika kita sudah pilih dan kuliah, maka kita mesti tetap menjalaninya meski mungkin belakangan kita tidak terlalu berbakat di situ.

Itulah sebabnya, kita perlu tahu apa minat dan bakat yang kita miliki. Pengetahuan inilah yang dapat membantu kita menentukan jurusan kuliah.

Pemahaman yang baik akan diri sendiri inilah yang dapat membuat kita bertahan menghadapi berbagai tantangan saat belajar tentang ilmu dan skills baru di bangku kuliah nanti.

2. Lakukan Riset Jurusan-Jurusan Kuliah yang Dipilih

Cara menentukan jurusan kuliah yang satu ini dapat membantu kamu yang benar-benar nge-blank ingin kuliah di jurusan apa.

Ketahui sebanyak-banyaknya jurusan kuliah yang ada. Pelajari masing-masing bidang ilmunya, prospek alumninya, dan hal-hal lain yang dirasa penting untuk diketahui.

Bandingkan daftar jurusan kuliah yang ada padamu. Langkah-langkah ini bisa membantumu menjatuhkan pilihan jurusan kuliah.

Cara ini pun bisa diterapkan saat kita punya sebaris daftar jurusan kuliah untuk dipilih, entah itu pilihan diri sendiri atau "rekomendasi" orang tua.

Baca Juga: Ini 5 Persamaan Kucing dan Harimau

3. Konsultasi dengan Orang Dekat Berpengalaman/ Profesional di Dunia Kerja

Diskusikan berbagai pilihan jurusan kuliah yang ada saat ini dengan ahlinya, misalnya psikolog pendidikan. 

Kamu juga bisa berdiskusi dengan seseorang yang dekat denganmu untuk dapat mengurai benang kusut di kepala. Mereka yang memiliki pengalaman dan kapasitas dapat memberi kita sudut pandang dan pengetahuan baru yang fresh.

Lebih baik lagi bila kita dapat mengombinasikan dua cara memilih jurusan kuliah ini bersamaan. Gunakan hasil riset sebagai bahan diskusi. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga