Catat, Ini 9 Kebiasaan Sepele yang Memicu Sakit Pinggang

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 18 Oktober 2022
0 dilihat
Catat, Ini 9 Kebiasaan Sepele yang Memicu Sakit Pinggang
Penting mengetahui penyebab seseorang terserang sakit pinggang, Anda bisa mulai mengubah kebiasaan yang bisa memicu sakit pinggang agar tidak muncul kembali. Foto: Repro okaydoc

" Terdapat sejumlah kebiasaan sehari-hari yang ternyata rentan memicu sakit pinggang. Hal itu pun akan sangat memberikan dampak buruk bagi kesehatan pada masa mendatang "

KENDARI, TELISIK.ID - Terdapat sejumlah kebiasaan sehari-hari yang ternyata rentan memicu sakit pinggang. Hal itu pun akan sangat memberikan dampak buruk bagi kesehatan pada masa mendatang.

Pada umumnya, dikutip alodokter.com, sakit pinggang merupakan sakit pada punggung bagian bawah atau samping.

Penderita sakit pinggang bisa mengalami sakit yang hilang timbul atau terus menerus, pada salah satu sisi pinggang atau keduanya.

Ketika sakit pinggang ini menyerang jelas akan mengganggu kenyamanan dalam menjalani aktivitas hari-hari.

Baca Juga: Simak 4 Manfaat Tidak Makan Malam Bagi Kesehatan Tubuh

Olehnya itu penting mengetahui penyebabnya, Anda bisa mulai mengubah kebiasaan agar sakit pinggang tidak muncul kembali.

Melansir cnnindonesia.com dari berbagai sumber, berikut kebiasaan sehari-hari yang menjadi penyebab sakit pinggang:

1. Membungkuk

Kebiasaan membungkuk dalam beraktivitas, baik saat duduk maupun berjalan dapat memberi tekanan lebih pada tulang belakang sehingga memicu nyeri pinggang.

Dikutip dari laman kesehatan Everyday Health, tekanan berlebih pada tulang belakang dapat mengubah anatomi tulang. Oleh sebab itu, selalu jaga postur tubuh tetap tegap untuk mengurangi tekanan.

2. Jarang olahraga

Jarang berolahraga termasuk kebiasaan sepele sakit pinggang. Studi menunjukkan, bahwa berolahraga justru dapat meningkatkan stabilitas pada otot-otot area pinggang.

Orang yang rutin berolahraga dinilai lebih jarang mengalami sakit pinggang daripada yang tidak olahraga sama sekali.

3. Aktivitas menarik-mendorong

Aktivitas menarik atau mendorong yang dilakukan terus-menerus dapat memicu sakit pinggang. Sebab kegiatan ini bertumpu langsung pada tulang punggung.

Apabila kegiatan mendorong atau menarik ini tidak dibatasi, efeknya tulang pinggul akan kelelahan dan memunculkan rasa sakit pada pinggang disertai kaku.

4. Terlalu lama duduk

Duduk terlalu lama saat bekerja dapat membuat otot dan sendi menjadi kaku sehingga rentan memicu nyeri dan sakit pinggang. Untuk mengurangi sakit pinggang, hindari duduk terlalu lama.

Meski pekerjaan Anda lebih banyak dihabiskan dengan duduk, setidaknya melakukan peregangan atau berjalan sejenak setiap 30-60 menit sekali. Selain untuk menghindari sakit pinggang, cara tersebut membantu mengendurkan otot yang tegang.

5. Angkat beban berlebih

Sering membawa tas yang berat, mengangkat beban berlebih lainnya, atau terburu-buru tanpa memperhatikan formasi tubuh, termasuk kebiasaan sepele yang bisa membuat sakit pinggang.

Saat mengangkat beban, posisi lutut kaki harus menekuk. Lalu punggung lurus dan kepala menghadap ke depan. Pastikan beban dari benda yang diangkat dekat dari tubuh.

6. Memakai sepatu hak tinggi

Sering menggunakan alas kaki seperti sandal atau sepatu dengan hak tinggi dapat menambah tekanan pada kaki dan tulang belakang. Terutama jika tinggi hak sepatu di atas 5 sentimeter.

Selain meningkatkan peluang sakit pinggang, area betis belakang dan jari-jari kaki juga bisa ikut nyeri dan pegal.

Untuk mengatasinya, gunakan sepatu dengan hak tidak lebih dari 3 cm dan bukan yang berujung lancip seperti stiletto, khususnya jika Anda harus mengenakannya setiap hari.

7. Tidak cukup tidur

Mengutip Healthtalk, durasi tidur yang cukup sangat efektif memberi kesempatan pada punggung, pinggang dan panggul untuk beristirahat.

Berbeda dengan orang yang waktu tidurnya kurang. Pinggang mereka akan terasa lebih tegang, kaku, dan berujung nyeri sepanjang hari.

8. Posisi tidur yang salah

Salah posisi tidur kerap menjadi penyebab sakit pinggang yang mungkin tak Anda disadari. Jika Anda pernah bangun dengan badan pegal, kaku, dan pinggang sakit, ini bisa menjadi tanda salah posisi tidur.

Posisi tidur untuk menghindari sakit punggung adalah berbaring telentang atau tidur miring dan selipkan bantal di antara lutut untuk menjaga tulang belakang dalam posisi netral.

Baca Juga: Awas, 9 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Bikin Ginjal Anak Bermasalah

Selain salah tidur, sakit pinggang juga bisa disebabkan oleh kasur yang terlalu keras atau bahkan terlalu empuk. Terus-menerus tidur di kasur yang salah dapat menyebabkan tulang belakang kehilangan keselarasan dan memicu sakit pada punggung dan pinggang.

9. Kurang terkena sinar matahari

Tidak terkena sinar matahari yang cukup mempunyai hubungan erat dengan nyeri pinggang. Hal ini membuat tubuh kekurangan vitamin D.

Ketika tubuh tidak mendapat asupan vitamin D secara maksimal, penyerapan kalsium jadi ikut terhambat sehingga berisiko mengalami sakit pinggang dan penyakit tulang lainnya.

Setidaknya Anda perlu menyempatkan diri berjemur di bawah sinar matahari sekitar 10 menit, selama 2-3 kali dalam seminggu.

Nah, itulah beberapa kebiasaan sepele sakit pinggang yang sebaiknya dihindari. Apabila rasa sakit pada pinggang sudah menghambat aktivitas, segera memeriksakan diri ke dokter. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga