Cuaca Buruk, Satgas Kebersihan Kota Kendari Pangkas Pohon di Jalan Protokol

Sumarlin, telisik indonesia
Kamis, 03 November 2022
0 dilihat
Cuaca Buruk, Satgas Kebersihan Kota Kendari Pangkas Pohon di Jalan Protokol
Satgas kebersihan Kota Kendari membersihkan dahan pohon hasil pemangkasan yang dilakukan di Jalan Made Sabara. Foto: Ist.

" Mengantisipasi jatuhnya korban karena tertimpa pohon saat cuaca buruk, satuan tugas (satgas) kebersihan Kota Kendari melakukan pemangkasan pohon rawan tumbang di sejumlah ruas jalan protokol "

KENDARI, TELISIK.ID - Mengantisipasi jatuhnya korban karena tertimpa pohon saat cuaca buruk, satuan tugas (satgas) kebersihan Kota Kendari melakukan pemangkasan pohon rawan tumbang di sejumlah ruas jalan protokol.

Hari ini, Kamis (3/11/2022), satgas melakukan pemangkasan pohon di jalan Made Sabara. Hasil pemangkasan langsung diangkut tim satgas yang bertugas saat itu.

"Tahun ini menurut informasi BPBD, akan terjadi cuaca buruk yang akan mengakibatkan pohon-pohon yang sudah mati dan lapuk berpotensi besar akan tumbang dan membahayakan keselamatan masyarakat," ungkap Ketua Satgas Kebersihan Kota Kendari, Amir Hasan saat memantau pemangkasan pohon di jalan Made Sabara.

Baca Juga: Kategori Sakit, PDAM Tirta Anoa Kendari Bakal Diaudit

Asisten I Pemerintah Kota Kendari ini menjelaskan, satgas yang terdiri dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) ini bertugas membantu penanganan kebersihan dan keindahan Kota Kendari bersama Dinas Lingkungan Hidup sebagai penanggungjawab.

Sejak dibentuk tiga pekan lalu, satgas ini terus memantau pembersihan yang dilakukan di masing-masing kecamatan dan kelurahan yang dipimpin camat dan lurah masing-masing.

"Ini kami sudah berjalan selama 3 Minggu, semenjak Pak Pj wali kota dilantik, dua hari kemudian kami rapat dan membentuk tim satgas dalam rangka penataan Kota Kendari secara umum," ujarnya.

Sebelumnya, Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, meminta semua OPD untuk bersama-sama melibatkan semua pihak dalam menjaga kebersihan kota, bukan hanya karena ada penilaian adipura.

Asmawa mengungkapkan, pelibatan lurah dan RW/RT juga dibutuhkan, apa lagi para RW dan RT mendapatkan insentif dari Pemerintah Kota Kendari. Termasuk ASN di masing-masing OPD untuk menjaga kebersihan kantornya dan menjadi contoh di lingkungan tempat tinggalnya.

"Satgas adalah organ yang akan melakukan monitoring bagaimana kinerja camat, bagaimana kinerja ASN di wilayah masing-masing, kalau ada Pak asisten selaku ketua satgas yang misalnya ASN kita di Kota Kendari rumahnya banyak sampah menumpuk tolong sampaikan ke kita," tegas Pj Wali Kota Kendari.

Baca Juga: Lulusan Terbaik UHO, Ashidayat Febridhi Aksi Dapat Tawaran Free Pass dari 2 Kampus Ternama

Tim satgas ini melibatkan sejumlah OPD di antaranya, Dinas Lingkungan Hidup, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kebakaran, Dinas Perhubungan dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Kegiatan ini adalah salah satu perwujudan program Pemerintah Kota Kendari, yaitu Bersih, Kreatif, Ramah, Asri atau rindang dan kondusif atau disingkat Kendari Bergerak.

Untuk mendukung program Kendari Bergerak, Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, menyerahkan bantuan mesin pemotongan rumput pada 65 kelurahan dan 11 kecamatan. (B)

Penulis: Sumarlin

Editor: Kardin

Baca Juga