Dari 60 Kasus Baru COVID-19 di Bombana, 14 di Antaranya Anak di Bawah Umur

Hir Abrianto, telisik indonesia
Kamis, 14 Mei 2020
0 dilihat
Dari 60 Kasus Baru COVID-19 di Bombana, 14 di Antaranya Anak di Bawah Umur
Puluhan warga yang dilarantina berolahraga senam sore. Foto: Hir/Telisik

" Mereka ini akan diberikan perlakukan khusus untuk mencegah depresi dan terjangkit dengan penyakit lain dari orang dewasa. "

BOMBANA, TELISIK.ID - Ledakan kasus COVID-19 di Kabupaten Bombana yang mencapai 60 kasus baru, mencengangkan masyarakat.

Dari angka yang menjadikan Bombana sebagai daerah terbanyak kasus positif COVID-19 di Sultra tersebut, terdapat 14 di antaranya anak di bawah umur.

Mereka berusia antara 1 hingga 14 tahun. Dari daftar yang dibeberkan oleh Satgas Bombana melalui Juru Bicara, anak berjenis kelamin perempuan yang terpapar COVID-19 berusia 12 tahun, 11, 10, 9, 5, 4, bahkan usia 1 tahun.

Sementara anak laki-laki masing-masing berumur 14 tahun, 12, 9, dan 8 tahun.

Baca juga: Kasus COVID-19 Membludak, Pemda Bombana Siapkan Ribuan Alat Rapid Test

Untuk memastikan kondisi mereka, Satgas Bombana bakal melibatkan pendampingan khusus dan perlakukan khusus, memberikan ruang perawatan khusus atau terpisah selama masa perawatan agar tidak kontak dengan orang dewasa yang memiliki riwayat penyakit lain.

Selain ruangan khusus, belasan anak itu juga akan diberikan pendampingan psikolog anak selama perawatan agar tidak alami depresi saat mengetahui dirinya positif COVID-19.

"Mereka ini akan diberikan perlakukan khusus untuk mencegah depresi dan terjangkit dengan penyakit lain dari orang dewasa," ujar Heryanto.

Baca juga: Kenali Gejala Ringan COVID-19 yang tak Boleh Diabaikan

Dengan kejadian ini, pihaknya meminta kepada warga Bombana yang di luar daerah untuk menahan diri tidak mudik lebaran dan ke luar daerah.

"Ini akibat dari ketidakpatuhan masyarakat pada imbauan perintah untuk tidak mudik apalagi dari daerah zona merah. Tapi karena sudah terjadi, maka kita akan berikan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat khususnya pasien positif," cetusnya.

Untuk perlakuan terhadap puluhan warga yang positif corona ini, Satgas Bombana masih terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi untuk tindakan selanjutnya.

Reporter: Hir

Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga