Demo Mahasiswa Bahas Hak Pekerja Tambang Bombana di Hari Buruh

Erni Yanti, telisik indonesia
Senin, 01 Mei 2023
0 dilihat
Demo Mahasiswa Bahas Hak Pekerja Tambang Bombana di Hari Buruh
IMPIB berdemonstrasi di Dinas Kerenagakerjaan Sulawesi Tenggara membahas pertambangan yang ada di Kabupaten Bombana. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Ikatan Mahasiswa Pelajar Indonesia Bombana (IMPIB) berdemonstrasi dalam peringatan hari buruh internasional atau may day di Dinas Transmigras dan Ketenagakerjaan Sulawesi Tenggara di Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Ikatan Mahasiswa Pelajar Indonesia Bombana (IMPIB) berdemonstrasi dalam peringatan hari buruh internasional atau may day di Dinas Transmigras dan Ketenagakerjaan Sulawesi Tenggara di Kota Kendari, Senin (1/5/2023).

Tuntutan pendemo yakni evaluasi Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR Bombana dan evaluasi 19 tahun pertambangan yang ada di Kabupaten Bombana.

Ketua IMPIB, Asriainun mengatakan, demonstrasi yang dilakukan bakal dilanjutkan esok hari usai dialog dengan Dinas Ketenagakerjaan hari ini.

Baca Juga: KM Prisilia 88 Rute Raha-Kendari Mati Mesin di Tengah Laut, Penumpang Panik dan Ketakutan

"Kami berdemonstrasi dengan beberapa tuntutan yang sudah kami diskusikan untuk dilanjutkan besok," ucap Asriainun.

Massa juga menuntut hak pekerja dalam meminimalisir pengangguran dengan membuka lowongan masyarakat lokal terhadap pekerjaan tambang, bukan hanya tenaga kerja asing di Kepulauan Kabaena, Bombana.

"Kelanjutannya tadi Dinas Ketenagakerjaan itu akan tetap turun di Kabupaten Bombana khususnya Pulau Kabaena, untuk mengecek aktivitas pertambangan, bagaimana pekerja-pekerja di sana, khususnya buruh agar bagaimana hak-hak mereka sesuai dengan Undang-Undang Ketenagakerjaan," jelas Korlap, Ali Kamri.

Baca Juga: 2.541 Mahasiswa UHO Bakal Diwisuda Awal Mei 2023

Maka dari itu kesepakatan dengan Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan Sulawesi Tenggara dan pendemo akan pergi ke ke Pulau Kabena untuk melihat tenaga kerja pertambangan dengan lebih mengutamakan masyarakat lokal.

"Aksi ini bicara soal peningkatan sumber daya manusia dan kondisi ekonomi daerah. Kemudian terkait yang diusulkan pada perusahaan yaitu ambil bagian di situ, bukan hanya keuntungan, tapi berikan kepada masyarakat misalnya bantuan ekonomi," ucap Kadis Tenagakerja dan Transmigrasi Sulawesi Tenggara, Ali Haswandi. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga