Deretan Fakta Unik Ginkgo, Pohon Bisa Hidup Ribuan Tahun di Korea Selatan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 19 November 2023
0 dilihat
Deretan Fakta Unik Ginkgo, Pohon Bisa Hidup Ribuan Tahun di Korea Selatan
Para ilmuwan mengungkapkan rahasia pohon ginkgo dapat hidup selama lebih dari 1.000 tahun. Pohon itu menghasilkan bahan kimia pelindung untuk melawan tekanan yang disebabkan oleh berbagai penyakit atau kekeringan. Foto: Repro Liputan6.com

" Ginkgo biloba dikenal sebagai pohon rambut gadis, dikenali mirip dengan fosil 270 juta tahun lalu yang berasal dari Tiongkok "

TIONGKOK, TELISIK.ID - Bumi dan isinya terkadang menguak misteri terkait alam dan kekayaannya. Satu-satunya pohon unik yang ada di dunia yang mampu hidup ratusan hingga ribuan tahun adalah ginkgo biloba.

Ginkgo biloba dikenal sebagai pohon rambut gadis, adalah satu-satunya spesies yang masih hidup di divisi Ginkgophyta, semua spesies lainnya telah punah. Pohon ini dikenali mirip dengan fosil 270 juta tahun lalu yang berasal dari Tiongkok.

Pohon ginkgo secara luas dibudidayakan dan diperkenalkan pada awal sejarah manusia. Pohon ini juga memiliki berbagai kegunaan dalam pengobatan tradisional dan sebagai sumber makanan seperti dikutip dari Wikipedia.com.

Baca Juga: Israel Kepung Rumah Sakit Terbesar di Gaza, Jenazah Warga Palestina Dibawa

Selain hidup berusia hingga ribuan tahun, ada beberapa hal menarik dari pohon unik ini di antaranya:

1. Rahasia dapat berusia hingga ribuan tahun

Mengutip Bbc.com, para ilmuwan telah mengungkapkan rahasia bagaimana pohon ginkgo dapat hidup selama lebih dari 1.000 tahun. Para peneliti di AS dan China mempelajari pohon ginkgo yang berusia antara 15 hingga 667 tahun, dengan mengekstraksi cincin pohon dan menganalisis sel, kulit kayu, daun, serta biji.

Mereka menemukan bahwa pohon ginkgo tua dan muda menghasilkan bahan kimia pelindung untuk melawan tekanan yang disebabkan oleh berbagai penyakit atau kekeringan.

2. Sering disebut fosil hidup

Dilansir dari Idntimes.com, ginkgo ini dipercaya hidup sejak 200 juta tahun yang lalu atau periode Jurassic. Ginkgo yang pernah ditemukan di Tiongkok berusia lebih dari 3.500 tahun. Di Korea, tanaman ini berdiameter mencapai 17 meter dengan tinggi sekitar 32 meter.

3. Memiliki makna mendalam bagi penganut Konghucu, Budha dan Shinto

Ginkgo memiliki makna khusus bagi penganut Koghucu. Pada zaman kuno, mereka menghabiskan waktu yang cukup lama untuk membaca, menulis dan berpikir di bawah pohon tersebut. Ginkgo biasanya sengaja ditanam di kawasan kuil Buddha dan Shinto dan menjadikannya sumber makanan serta obat-obatan tradisional.

Baca Juga: Deretan Fakta China jadikan Apartemen 19 Lantai untuk Jalur Kereta Api

4. Sering dijadikan obat-obatan tradisional

Ginkgo sudah dijadikan sebagai obat sejak zaman dahulu hingga saat ini. Beberapa manfaatnya, antara lain mengandung flavonoid dan terpenoid. Sehingga dapat berperan sebagai antioksidan yang bisa menetralisir efek radikal bebas. Selain itu, dalam pengobatan tradisional Tiongkok, biji ginkgo digunakan untuk meningkatkan aliran darah dan masih banyak lagi kegunaannya untuk kesehatan.

5. Favorit warga Korea

Pohon Ginkgo Wonju Bangye-rimerupakan monumen nasional Korea Selatan yang terkenal dengan mahkota bunganya yang mengesankan. Pohon ini bukan hanya pohon ginkgo tertinggi di Asia, tetapi juga menjadi salah satu pohon terindah di Bumi.

Dilansir dari Sindonews.com, rata-rata 4.000 orang berkunjung setiap hari, baik itu hari kerja atau akhir pekan. Tidak ada restoran di sekitar, dan toko kelontong terdekat berjarak 1,5 kilometer, tetapi orang-orang datang berduyun-duyun hanya untuk melihat keindahan pohon gingko biloba. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga