Deretan Film Bertema Kemerdekaan Terbaik, Cocok Ditonton Saat HUT RI ke-78

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 16 Agustus 2023
0 dilihat
Deretan Film Bertema Kemerdekaan Terbaik, Cocok Ditonton Saat HUT RI ke-78
Film 'Kadet 1947', merupakan film yang berkisah tentang agresi militer Belanda. Foto: Repro Netflix.com

" Menonton film bertema perjuangan, tidak hanya sekedar mengisi waktu, tapi juga ada pesan nasionalisme yang bisa diserap di dalamnya "

KENDARI, TELISIK.ID - HUT ke-78 RI selain bisa dimeriahkan dengan upacara dan mengikuti lomba, hari kemerdekaan juga bisa diisi dengan menonton film-film Indonesia bertema perjuangan. Tidak hanya sekedar mengisi waktu, tapi juga ada pesan nasionalisme yang bisa diserap di dalamnya.

Dilansir dari Insertlive.com dan Kompas.com, berikut film kemerdekaan Indonesia terbaik dan terbaru yang bisa kamu tonton, pada waktu libur peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78.

1. Kadet 1947

Film kemerdekaan Indonesia pertama yaitu Kadet 1947. Film ini berkisah tentang agresi militer Belanda pasca Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Berikut cerita lengkapnya. Sekelompok kadet atau taruna dari sekolah penerbang Angkatan Udara di Maguwo, yaitu Sigit (Bisma Karisma), Mul (Kevin Julio), Har (Omara Esteghlal), dan Adji (Marthino Lio), yang mempunyai ambisi untuk ikut serta dalam menjaga Indonesia dari Belanda.

Namun, ambisi itu terhalang karena mereka berstatus pelajar Angkatan Udara, dan tidak diizinkan untuk membawa pesawat dan senjata. Para kadet itu hanya boleh membantu seniornya untuk berperang. Karena jiwa muda yang membara, mereka tak menyerah dan menjalankan aksi nekat dengan meminta bantuan Sersan Udara Tardjo (Wafda Saifan), serta penembak udara Dul (Chicco Kurniawan) dan Kapoet (Fajar Nugra).

Saat itu diceritakan, Sigit yang mengetahui di desanya ada pesawat Jepang yang jatuh, lalu mencoba mengajak kawannya untuk mengambil mesin pesawat tersebut. Aksi dari para kadet ini diambil dari peristiwa serangan udara pertama Angkatan Udara Republik Indonesia yang dilakukan oleh para kadet (calon penerbang Angkatan Udara) terhadap markas pertahanan Belanda di Semarang, Salatiga, dan Ambarawa pada 29 Juli 1947.

2. Buya Hamka

Film ini merupakan film biopik yang terbagi dalam tiga bagian penting dalam hidup seorang Buya Hamka. Pada bagian pertama, film tersebut menampilkan berbagai momen penting kehidupan Buya Hamka (Vino G. Bastian) dalam kurun waktu 1933 hingga 1945.

Baca Juga: Ingin Nonton Film Tentang Kemerdekaan RI? Ini 5 Daftar Film Bertema Perjuangan

Buya Hamka adalah tokoh besar pengurus Muhammadiyah di Makassar. Selain kesibukannya sebagai ketua pengurus Muhammadiyah, ia juga aktif menulis beberapa karyanya seperti Di Bawah Lindungan Ka'bah dan Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk.

Sampai pada bagian penting yaitu ia terlibat dalam perjuangan kemedekaan Indonesia sampai akhirnya merdeka pada 17 Agustus 1945. Film ini cocok ditonton oleh semua umur karena sangat inspiratif.

3. Perburuan

Film yang bercerita tentang pasukan Pembela Tanah Air (PETA) yang melawan penjajah Jepang di Indonesia. Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama, karya Pramoedya Ananta Toer. Film bertema kemerdekaan Indonesia ini berawal dari kegagalan tentara Pembela Tanah Air (PETA) yang gagal melawan tentara Nippon Jepang di Indonesia dan film ini berkisah enam bulan setelah masa itu.

Setelah kekalahan itu, seorang shodanco PETA bernama Hardo kembali ke desanya di Blora, Jawa Tengah. Hardo pulang dalam keadaan terluka akibat peperangan. Namun, kedatangannya ke kampung halaman di Blora tercium oleh tentara Nippon Jepang.

Alhasil, Nippon terus melacak keberadaan Hardo dan ia diburu serta dikejar karena dianggap sebagai musuh negara. Dalam pengejaran siang malam menjelang proklamasi kemerdekaan, sebuah drama perjuangan terungkap.

4. The East

Film hasil produksi Belanda menjadi hal baru, dimana biasanya film kemerdekaan Indonesia diproduksi oleh Indonesia namun kali ini berbeda. Film ini bercerita tentang penjajahan Belanda di Indonesia, namun film ini turut dibintangi oleh aktor dan aktris Tanah Air, seperti Putri Ayudya, Lukman Sardi, Ence Bagus, hingga Yayu A.W. Unru.

Film ini berkisah tentang tentara muda Belanda yang ditugaskan untuk menekan kemerdekaan Indonesia usai Perang Dunia II. Film yang berjudul De Oost dalam bahasa Belanda ini juga memperlihatkan kekejaman penjajah pada masa pembantaian Westerling.

Baca Juga: 13 Ide Lomba Unik Menyambut HUT Kemerdekaan RI

Jika kamu penasaran dengan jalan ceritanya, silakan tonton melalui platform resmi yang menayangkan film ini.

5. Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, dan Cinta

Sama seperti film Buya Hamka, film kemerdekaan Indonesia ini adalah film biografi yang mengisahkan tentang Raden Mas Rangsang yang menjadi Sultan Agung Hanyakrakusuma, raja baru di Kerajaan Mataram Islam.

Ia memimpin pasukannya untuk menyerang Belanda di Batavia (sekarang Jakarta). Pasalnya, perusahaan dagang Belanda, VOC mengingkari perjanjian dagang dengan Kerajaan Mataram. Namun, perjuangan Sultan Agung dan rakyatnya tidaklah mudah.

6. Battle of Surabaya

Film kemerdekaan Indonesia yang berjudul Battle of Surabaya ini dikemas dalam tampilan animasi sehingga cocok untuk ditonton oleh anak-anak. Battle of Surabaya mengambil latar pada pertempuran 10 November di Surabaya. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga