Deretan Jam Tangan Termahal di Dunia, Harganya Bisa Bikin 2 Stadion Bola

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 25 Januari 2022
0 dilihat
Deretan Jam Tangan Termahal di Dunia, Harganya Bisa Bikin 2 Stadion Bola
Jam tangan The Henry Graves supercomplication. Foto: Repro Voaindonesia

" Ada jam tangan yang hanya mampu dibeli oleh para sultan, tak heran bila bisa menjadi penunjuk strata sosial "

KENDARI, TELISIK.ID - Selain merupakan penanda waktu, Jam tangan juga salah satu aksessoris yang kerap digunakan oleh kaum lelaki.

Tak hanya itu, jam tangan bagi seorang pria merupakan salah satu eksklusivitas. Namun ada jam tangan yang hanya mampu dibeli oleh para sultan. Konon, harga satu jamnya bisa membuat 2 stadion lapangan bola baru.

Bahkan, salah satu dari jam tersebut memiliki harga hingga mencapai Rp 340 miliar. Pantas saja jika arloji-arloji ini hanya mampu di beli oleh para sultan.

Tak heran bila bagi sebagian orang, arloji juga bisa sebagai penunjuk starata sosial. Berikut Telisik.id merangkum jam tangan termahal di dunia, dilansir dari berbagai sumber.

1. The Henry Graves Supercomplication

The Henry Graves supercomplication. Foto: Repro Voaindonesia

 

Jam tangan buatan Patek Philippe ini dibuat khusus untuk seorang bankir yang bernama Henry Graves, pada tahun 1933.

Dilansir dari beberapa sumber, jam ini terjual melalui lelang, dengan harga USD 24,4 juta atau, setara dengan Rp 340 miliar, oleh seseorang yang dirahasiakan.

Konon, jam tersebut sebelumnya dibeli oleh bangsawan Qatar yang bernama Sheikh Saud bin Mohammed bin Ali Al-Thani.

Tepatnya pada tahun 1999 dengan harga USD 11 juta, atau setara dengan Rp 153 miliar. Kenapa bisa semahal itu?

Konon, jam ini bukan hanya klasik namun proses pembuatannya pun sangat rumit tanpa adanya bantuan teknologi, alias manual.

Sesuai dengan namanya, Supercomplication, jam ini memiliki 24 kompleksitas yang mengejutkan. Di tengahnya terdapat apatur lebar menunjukkan langit malam di Central Park. Serta di sisi lainnya, menunjukan sunrise dan sunset.

2. The Billionaire Watch Jacob & Co

The Billionaire Watch dari Jacob & Co. Foto: Instagram Jacob & Co.

 

Dilansir dari Jurnalsoreang, jam tangan ini salah satunya dimiliki oleh Floyd Mayweather Jr. Petinju Amerika Serikat ini memang sangat doyan mengoleksi jam tangan mewah.

Ia membeli The Billionaire Watch Jacob & Co, dengan harga USD 18 juta atau, setara dengan Rp 250,5 miliar.

Jika dilihat dari penampakan jamnya, bagian luarnya saja berlapis berlian 260 karat, lalu guna menyambungkan berlian tersebut, Jacob & Co menggunakan emas putih 18 Karat.

Menariknya lagi, arloji ini menggunakan mesin otomatis JCAMO9 Caliber, yang katanya bisa berfungsi melalui gerakan tangan. Jadi tidak perlu baterai lagi.

3. Astronomia Tourbillon

Jam Astronomia billione. Foto: Getty

 

Jam tangan ini merupakan andalan dari Jacob & Co yang dilauncing pada 2015 lalu. Desain dengan gaya transparan, sehingga bisa melihat mesin dan berbagai aksessoris mewah di dalamnya.

Jam ini dihias dengan menggunakan 2 bola berlian sebagai simbol matahari dan bumi. Saking rumitnya, butuh 9 bulan memproduksi satu jam tangan ini.

Wajar saja jika jam tangan ini dibanderol dengan harga, USD 1 juta, atau setara dengan Rp 13,9 miliar.

Baca Juga: Jakor Festival Anime, Paduan Jepang dan Korea Hadir di Kendari

Kabarnya, salah satu jam tangan ini dimiliki oleh Leonardo Dicaprio. Namun beberapa waktu lalu, ia melelang jam tangan ini untuk disumbangkan ke lembaga sosial.

4. Louis Moinet Meteoris

am Louis Moinet. Foto: Tahupedia.com

 

Dilansir dari Boldxperience.com, terinspirasi dari keindahan tata surya, Louis Moinet Meteoris menuangkan ide tersebut pada jam tangan super mewah.

Louis Moinet Meteoris ni dibanderol dengan harga USD 4,6 juta atau, setara dengan Rp 64 miliar. Harga selangit ini disebabkan karena jam tangan ini menggunakan bahan material asli dari bulan, serta meterorit dari Mars.

Selain itu, produksinya super eklusif pula, hanya empat buah. Jam ini sangat menarik perhatian publi, saat dikenakan oleh Perdana Menteri Pakistan, Nawaz Sharif.

Politisi ini sukses panen kritikan karena mampu membeli jam tangan semewah itu, sementara kesenjangan di Pakistan sangat menonjol.

5. Rolex Antimagnetique

Jam Rolex Antimagnique. Foto: Boldxprience

 

Jam tangan pria mahal selanjutnya ini dibanderol seharga 2,4 juta US Dolar, atau setara dengan Rp 31,92 miliar. Jam tangan Rolex pada umumnya memang dikenal dengan harga yang amat mahal.

Baca Juga: Jumlah Janda di 5 Negara Ini Terbanyak, Nomor Terakhir Mengejutkan

Rolex istimewa ini Dibuat desainer andal dengan material berkualitas seperti silver matter dan pink gold dari Arab. Bukan tanpa alasan jam tangan yang dibuat pada tahun 1942 ini dihargai sangat mahal, apalagi jam ini hanya dibuat terbatas sebanyak 12 buah. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga