adplus-dvertising

Deretan Mobil yang Disuntik Mati Sepanjang 2021, Berikut Daftarnya

Musdar, telisik indonesia
Selasa, 28 Desember 2021
634 dilihat
Deretan Mobil yang Disuntik Mati Sepanjang 2021, Berikut Daftarnya
Sejumlah mobil Honda Jazz terparkir. Foto: Repro kompas.com

" Sejumlah model mobil di Indonesia disuntik mati alias dihentikan penjualannya. Alasannya mulai dari tidak laku, imbas pandemi COVID-19 keputusan prinsipal, atau pandangan bisnis lain lebih baik "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sepanjang 2021 sejumlah model mobil di Indonesia disuntik mati alias dihentikan penjualannya.

Alasan suatu model mesti pensiun bisa bermacam-macam, mulai dari tidak laku, imbas pandemi COVID-19 keputusan prinsipal, atau pandangan bisnis lain lebih baik.

Dilansir dari CNN Indonesia, sejauh ini ada 7 model di Indonesia yang sudah berhenti dijual pada tahun ini:


- Mitsubishi Outlander Sport

Outlander Sport merupakan salah satu model yang diproduksi Mitsubishi di Indonesia yang berhenti dijual pada awal 2021. Outlander Sport menyusul model Mitsubishi lain yang penjualannya lebih dulu yaitu Delica dan Mirage.

- Isuzu Panther

Pada Februari lalu Isuzu mengumumkan bahwa produksi dan penjualan SUV andalan mereka, Panther, telah dihentikan. Hal ini bukan cuma berlaku bagi tipe bodi SUV, tetapi juga pikap.

Isuzu Indonesia mengatakan Panteher yang sudah dijual sejak 1991 sudah laku 433.117 unit.

Baca Juga: Mobil Robot dalam Film Transformer Dijual Rp 28,7 Miliar

- Honda Jazz

Honda Indonesia tak melanjutkan penjualan Jazz di dalam negeri setelah generasi barunya meluncur di Jepang. Status penjualan Jazz dihentikan diumumkan pada Maret.

Posisi Jazz di Indonesia diganti City Hatchback.

- Honda Odyssey

Honda Indonesia mengumumkan berhenti menjual Odyssey di Indonesia pada Desember menyusul keputusan prinsipalnya di Jepang. Odyssey sudah dijual di dalam negeri sejak 1994, penyegaran terakhir dilakukan pada Februari.

- Honda City Hatchback

Honda Indonesia menyatakan pada Desember bahwa City Hatchback tak lagi dijual. Perusahaan ingin fokus pada penjualan City Hatchback RS untuk segmen hatchback, sedangkan sedan dikonsentrasikan pada Civic RS.

- Nissan Terra

SUV Nissan Terra berhenti dijual pada Februari setelah semua stok unitnya habis. Terra pertama kali meluncur pada 2018, unitnya didatangkan dari Thailand.

- Suzuki Karimun Wagon R

Bulan lalu Suzuki Indomobil Motor menyatakan Karimun Wagon R tidak lagi dijual, ini membuat perusahaan keluar dari kelompok penjual Low Cost Green Car (LCGC).

Meski demikian Suzuki tetap memproduksi Karimun Wagon R di Indonesia, hanya saja ditujukan buat pasar ekspor.

Baca Juga: Raih Rating Tinggi, Spider-Man: No Way Home Diharapkan Jadi Film Terbaik di Piala Oscar

Selain yang disuntik mati, sejumlah model mobil meluncur tahun 2021 salah satunya Raize. Mobil ini hadir pada awal Mei 2021, Raize menjadi produk yang benar-benar baru dari Toyota Indonesia.

Dilansir dari Oto.com, Raize ditawarkan dalam enam varian yakni 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, 1.0 Turbo GR Sport CVT, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo G M/T, serta varian 1.2 G CVT dan 1.2 G M/T yang hadir belakangan.

Hal ini juga menjadi pertama kalinya model Toyota ditawarkan dengan mesin turbo, transmisi CVT dan juga fitur Toyota Safety Sense.

Saat ini Raize ditawarkan dengan dalam beberapa varian dengan banderol harga mulai Rp 202 jutaan sampai Rp 266 jutaan. Raize masuk dalam produk yang kena keringanan PPnBM. (C)

Reporter: Musdar

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga