Deretan Tanaman Ini Bisa Kurangi Kelembapan Dalam Rumah

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 08 Juni 2023
0 dilihat
Deretan Tanaman Ini Bisa Kurangi Kelembapan Dalam Rumah
Tanaman indah ini selain membuat rumah nyaman, juga akan membantu mengurangi kelembaban di ruangan. Foto: Linkumkm.id

" Tanaman hias banyak dipilih untuk mendekorasi ruangan. Selain mempercantik, tanaman hias juga menyegarkan dan menghidupkan ruangan. Beberapa tanaman hias ternyata memiliki fungsi menyerap kelembapam yang ada di dalam rumah "

KENDARI, TELISIK.ID - Tanaman hias banyak dipilih untuk mendekorasi ruangan. Selain mempercantik, tanaman hias juga menyegarkan dan menghidupkan ruangan. Beberapa tanaman hias ternyata memiliki fungsi menyerap kelembapam yang ada di dalam rumah.

Mengutip Kompas dan liputan6.com, berikut deretan tanaman hias yang membantu menyerap kelembaban secara alami:

1. Spider plant

Tanaman ini dapat menyerap kelembaban lingkungan, sehingga sangat ideal untuk di rumah. Ia mampu menghilangkan racun udara rumah tangga biasa seperti formaldehida dan xilena.

Di dalam ruangan, spider plant membutuhkan penyinaran sedang. Jika ditempatkan di tempat teduh, tanaman ini bisa kehilangan pita putih yang menjadi cirinya khasnya. Namun, jika ditempatkan di bawah sinar matahari langsung, akan terbakar dengan mudah. Spider plant mentolerir kekeringan cukup baik. Terutama karena menyimpan air di sistem akarnya yang tebal. Sehingga tidak perlu terlalu sering disiram.

Baca Juga: Kebiasaan Ini Bisa Bikin Vacuum Cleaner Cepat Rusak

2. Peace lily

Peace lily atau lili perdamaian adalah tanaman hias dengan perawatan rendah yang tumbuh subur di lingkungan  hangat dan lembap, seperti kamar mandi dan dapur. Tanaman ini menyerap kelembapan di udara melalui daunnya.

Angela Slater, gardening expert di Hayes Garden World, mengatakan peace lily tersedia dalam bentuk spesimen besar. Semakin besar tanamannya, semakin efektif menghilangkan jamur.

3. Palem

Angela mengatakan ada berbagai macam palem yang dapat membantu menghilangkan kelembapan dan mencegah jamur, seperti areca palm, bamboo palm, dan lady palm.

"Palem akan membutuhkan posisi terang dan cerah di rumah, tapi akan menoleransi tingkat kekeringan tertentu, jadi sangat ideal untuk pemula," kata Angela.

4. Anggrek

Tanaman indah ini selain membuat rumah nyaman, juga akan membantu mengurangi kelembaban di ruangan. Akarnya yang tidak berada di dalam tanah menyerap nutrisi dari udara di sekitar.

Baca Juga: Intip Warna Cat Bisa Bantu Konsentrasi Belajar di Kamar

Selain itu, beberapa dari tanaman anggrek diketahui memiliki pseudobulb, yang merupakan bagian yang mengkhususkan diri dalam menyimpan air dan membantu mereka mengatasi kondisi kekeringan dengan lebih baik. Menempatkannya di kamar mandi adalah ide yang bagus karena dapat menyerap kelembaban dari shower.

5. Lidah mertua 

Menurut Angela, snake plant atau lidah mertua adalah salah satu tanaman dalam ruangan yang paling mudah dirawat, tumbuh subur dengan sedikit pengabaian, dan membuatnya ideal untuk pemula.

"Tidak hanya membantu menghilangkan jamur, lidah mertua juga menghilangkan racun yang terbawa udara dari produk pembersih," kata Angela. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga