Detik-detik Tabrakan 3 Kereta di India Tewaskan 288 Orang, Paling Mematikan di Dunia

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 03 Juni 2023
0 dilihat
Detik-detik Tabrakan 3 Kereta di India Tewaskan 288 Orang, Paling Mematikan di Dunia
3 Kereta terlibat kecelakaan di negara bagian Odisha, India hingga menewaskan ratusan orang pada Jumat (2/6/2023) malam. Foto: AFP

" Tiga kereta terlibat kecelakaan di negara bagian Odisha, India hingga menewaskan ratusan orang pada Jumat (2/6/2023) Malam "

INDIA, TELISIK.ID - Tiga kereta terlibat kecelakaan di negara bagian Odisha, India hingga menewaskan ratusan orang pada Jumat (2/6/2023) Malam.

Pihak Kereta Api India, Amitabh Sharma menjelaskan, kecelakaan melibatkan 2 kereta penumpang dan 1 kereta barang. Dilansir dari KompasTV, kejadian bermula satu kereta penumpang tergelincir yang kemudian ditabrak oleh kereta penumpang lain yang datang dari arah berlawanan.

Kereta yang tergelincir juga menabrak kereta barang yang sedang berhenti di stasiun. Hingga kini penyebab kecelakaan masih di selidiki. Terlihat dalam video gerbong-gerbong kereta terbalik.

ini merupakan kecelakaan kereta api paling mematikan di negara itu dan juga terparah di dunia dalam lebih dari 20 tahun.

Baca Juga: Deretan Negara Ini Terapkan 4 Hari Kerja

Sudhanshu Sarangi, direktur jenderal Dinas Pemadam Kebakaran Odisha mengatakan, jumlah korban tewas saat ini telah mencapai 288 orang. Ratusan orang juga terluka dalam peristiwa tragis itu.

"Pekerjaan penyelamatan masih berlangsung," katanya kepada AFP dari lokasi kecelakaan, seraya menambahkan ada "banyak korban luka serius."

Pejabat-pejabat perkeretapian mengatakan bahwa korban jiwa diperkirakan akan terus bertambah.

India tidak asing dengan kecelakaan kereta api dan telah mengalami beberapa bencana, yang terburuk terjadi pada tahun 1981, ketika sebuah kereta tergelincir saat melintasi jembatan di Bihar dan jatuh ke sungai di bawahnya, menewaskan antara 800 dan 1.000 orang.

Baca Juga: Usai Dikubur, Mayat Ini Digali Kembali dan Diajak Menari

Namun, kecelakaan Jumat ini diyakini sebagai yang terburuk sejak tahun 1990-an. Dilansir dari detik.com, Kepala sekretaris negara bagian Odisha, Pradeep Jena membenarkan bahwa sekitar 850 orang yang terluka telah dikirim ke rumah sakit setelah kecelakaan itu, yang terjadi sekitar 200 kilometer (125 mil) dari ibu kota negara bagian Bhubaneswar.

"Prioritas utama kami sekarang adalah menyelamatkan (penumpang) dan memberikan dukungan kesehatan kepada yang terluka," katanya. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga