Di Masa Tenang Bawaslu Maksimalkan Pengawasan Politik Uang

Sumarlin, telisik indonesia
Sabtu, 10 Februari 2024
0 dilihat
Di Masa Tenang Bawaslu Maksimalkan Pengawasan Politik Uang
Ribuan petugas pengawas pemilu Kota Kendari mengikuti apel siaga pengawasan masa tenang dan pungut hitung Pemilu 2024 di lapangan Eks MTQ. Foto: Sumarlin/Telisik

" Bawaslu Kota Kendari memaksimalkan pengawasan di masa tenang menjelang pencoblosan, terutama terkait politik uang "

KENDARI, TELISIK.ID - Ketua Bawaslu Kota Kendari, Sahinuddin menjelaskan, memasuki masa tenang, semua petugas pengawasan akan melakukan patroli dengan menggandeng berbagai stakeholder, seperti kepolisian dan kejaksaan.

"Di masa tenang itu, penekanan kami tidak ada politik uang. Oleh karena itu kami mengajak pada semua masyarakat jika sekiranya terdapat politik uang, tolong berikan informasi atau laporkan pada pengawas pemilu kami terdekat, karena saat ini sudah ada pengawas kami di setiap TPS," ungkap Ketua Bawaslu Kota Kendari, usai apel siaga pengawasan masa tenang dan pungut hitung pemilu 2024. Apel berlangsung di lapangan eks MTQ Kota Kendari, Sabtu (10/2/2024).

Di masa tenang yang dimulai tanggal 11-12 Februari, Bawaslu bersama sejumlah pihak seperti Sat Pol PP dan Dinas Perhubungan akan membantu Bawaslu membersihkan APK dan bahan kampanye di dalam Kota Kendari. Kemudian tanggal 13 Februari Bawaslu juga akan memastikan penyaluran logistik pemilu dari gudang KPU menuju kelurahan berjalan aman. Saat ini pengawas TPS juga masih mengawal penyaluran surat undangan untuk memilih atau Formulir C6 pada masyarakat.

Ketua Bawaslu Kota Kendari kembali mengingatkan pada para petugasnya agar bekerja maksimal, sehingga kejadian pemilu ulang tahun 2019 di 9 TPS tidak terjadi kembali tahun 2024.

Baca Juga: Bawaslu Ungkap Politik Uang Marak saat Masa Tenang, Mulai Pukul 12 Malam hingga 6 Pagi

Sementara itu Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup yang ikut dalam apel, meminta Bawaslu Kota Kendari bekerja maksimal dalam menyukseskan pemilu, salah satunya mengawasi terjadinya politik uang di masa tenang.

"Utamanya terkait masalah politik uang, ini yang tidak kita harapkan, kita menginginkan pemilu ini berjalan damai, aman dan tentunya bermartabat, sehingga demokrasi yang kita inginkan benar-benar tercapai," ungkapnya.

Baca Juga: Timnas AMIN Desak Bawaslu Investigasi Politik Uang Gus Miftah, Ungkap Karena Surat Tugas Prabowo 8 September 2023

Pj wali kota berharap, Bawaslu terus berkoordinasi dengan pemerintah, khususnya dalam penurunan Alat Peraga Kampanye (APK) di masa tenang, agar kerja Bawaslu bisa maksimal dalam menyukseskan pemilu. Untuk penurunan APK, Pemkot Kendari akan mengerahkan Sat Pol PP untuk membantu membersihkan APK.

Menghindari jatuhnya korban seperti pemilu tahun 2019, Kepala BPBD Sultra ini mengingatkan seluruh pengawas pemilu untuk terus menjaga kesehatan. Apalagi pelaksanaan pemilu tanggal 14 Februari diperkirakan akan terjadi cuaca ekstrem. (B)

Penulis: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga