Digitalisasi Pemilu 2024 Jamin Pemilihan Umum Lebih Transparan

Febriyani, telisik indonesia
Senin, 05 Juni 2023
0 dilihat
Digitalisasi Pemilu 2024 Jamin Pemilihan Umum Lebih Transparan
La Ode Natsir menjelaskan bahwa dalam Pemilu 2024 nanti KPU RI mengoptimalkan penggunakan sistem informasi atau aplikasi. Foto: Febriyani/Telisik

" Dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, KPU saat ini sudah dibantu oleh berbagai aplikasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Membantu pelaksaanan Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memanfaatkan tenoklogi informasi. Penggunaan teknologi informasi yang efesien tentunya sejalan dengan semangat transparansi.

Pada serah terima jabatan Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, La Ode Abdul Natsir menegaskan bahwa sekarang ini dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, KPU sudah dibantu oleh berbagai aplikasi.

"Di era moderen seperti saat ini, yang paling menonjol dalam budaya kita di lingkungan kerja adalah mengharuskan kita bekerja menggunakan IT, semua pakai aplikasi. Jadi KPU RI sudah mengembangkan bahwa semua tahapan pemilu dapat menggunakan aplikasi," jelasnya, Minggu (4/6/2023).

Dia menambahkan, dengan pemanfaatan teknologi informasi ini, tentunya akan berdampak pada minimalnya penggunaan limbah plastik. Dengan ini juga secara tidak langsung KPU ikut mendukung gerakan dunia bebas plastik demi lingkungan yang asri dan hijau.

Baca Juga: 5 Anggota KPU Sulawesi Tenggara Resmi Diumumkan, Ini Namanya

"Dengan dikembangkannya IT, tentunya akan berdampak pada minimalisir penggunaan limbah plastik, jadi kita dapat mengurangi penggunaan kertas. Tentunya KPU dapat mempolopori bagaimna penyelenggaraan pemilu yang berdampak baik pada lingkungan dengan meminimalisir penggunaan kertas," tambahnya.

Ketua KPU Sulawesi Tenggara saat ini, Asril, juga menegaskan bahwa dalam menjalankan tugasnya, KPU sangat terbantu dengan adanya teknologi, sehingga pekerjaan lebih efektif dan efesien.

"Dalam misi KPU RI adalah mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi. Semua tahapan pemilu ada sistem aplikasinya. Dimulai dari pencalonan dan seterusnya," ucapnya.

Baca Juga: Pemkab Konawe Kepulauan Terapkan Digitalisasi Sektor Usaha

Oleh karena itu langkah KPU mengembangkan berbagai aplikasi digital dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 patut mendapat apresiasi. Upaya KPU merintis jalan digitalisasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informas, merupakan bentuk transformasi pemilu yang lebih modern dan akuntabel bagi masa depan demokrasi Indonesia.

Adapun aplikasi yang digunakan pada Pemilu 2024, antara lain sistem informasi partai politik (Sipol), sistem data pemilih (Sidalih), sistem informasi pencalonan (Silon), dan sistem rekapitulasi elektronik (Sirekap). Kemudian, sistem informasi daerah pemilihan (Sidapil), sistem informasi logistik (Silog), sistem informasi dana kampanye (Sidakam), serta sistem informasi anggota KPU dan badan adhoc (Siakba).

Dengan adanya inovasi sistem informasi kepemiluan yang dilakukan oleh KPU, dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap penyelenggaran pemilu, dan menjadikan pemilu yang berkualitas dan berintegritas menuju demokrasi yang hakiki. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga