Dinilai Lalai Tangani Pasien COVID-19 Asal Konawe, Begini Penjelasan RS Bahteramas

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Jumat, 18 September 2020
0 dilihat
Dinilai Lalai Tangani Pasien COVID-19 Asal Konawe, Begini Penjelasan RS Bahteramas
Pihak RS Bahteramas membantah lalai tangani pasien COVID-19 yang meninggal asal Konawe. Foto: Ahmad Sadar/Telisik

" Tidaklah, tidak lalai. Cuma pasiennya mau pulang paksa. Ada pernyataannya kok, kalau pasiennya memaksa untuk pulang. "

KENDARI, TELISIK.ID - Setelah dinilai lalai menangani pasien COVID-19 asal Konawe yang meninggal pada tanggal 15 September lalu, pihak Rumah Sakit Bahteramas akhirnya angkat bicara.

Plt Direktur RS Bahteramas Kendari, dr Hasmudin mengatakan, meninggalnya pasien itu bukan karena kelalaian pihak RS Bahteramas.

"Tidaklah, tidak lalai. Cuma pasiennya mau pulang paksa. Ada pernyataannya kok, kalau pasiennya memaksa untuk pulang," kata dr. Hasmudin Jumat (18/9/2020).

Selain itu, dr Hasmudin melanjutkan, selain memaksa untuk pulang, pasien juga tidak mau dilakukan protokol COVID-19. Pada saat pasien pulang, hasil swab-nya belum keluar.

Baca juga: RS Bahteramas Dinilai Lalai Tangani Pasien COVID-19 Meninggal asal Konawe

"Belum ada hasil swab-nya, jadi kita belum tau apakah pasien positif atau negatif," ucapnya.

"Jadi sebelum muncul hasil swab-nya, keluarga pasien memaksa pulang pada waktu subuh itu, dan ada surat pernyataan untuk minta pulang paksa. Mereka tanda tangan suratnya, ada di-UGD kok," ungkap dr Hasmudin.

Surat pernyataan itu berisi bahwa keluarga siap bertanggungjawab sepenuhnya terhadap pasien.

"Pihak rumah sakit tak bisa berbuat banyak atas kejadian ini, sebab pihak keluarga sendiri yang memaksa untuk memulangkan pasien," tandasnya.

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga