Dinkes Gagas Porgram Pelayanan Kesehatan Berjalan

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 02 Desember 2019
0 dilihat
Dinkes Gagas Porgram Pelayanan Kesehatan Berjalan
Ketua TP PKK Muna, Yanti Setiawati bersama Kadinkes, La Ode Rimba Sua menberi penguatan pada kader posyandu. Foto : Naryo/Telisi

" Bukan pengobatan gratis, tapi kita memberikan pemeriksaan kesehatan pada masyarakat. Karena, selama ini banyak masyarakat ketika berobat di puskesmas tidak bertatap muka langsung bersama dokter. Makanya, kita siapkan semuanya. "

MUNA, TELISIK.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muna kembali menggagas program pelayanan kesehatan berjalan. Program tersebut akan menyentuh daerah-daerah yang selama ini belum maksimal mendapat pelayanan kesehatan.

"InsyaAllah, 2020 akan kita optimalkan," kata La Ode Rimba Sua, Kadinkes Muna.

Baca Juga: Dirut PDAM Kendari Pecat Karyawannya

Pelayanan kesehatan berjalan yang dimaksud Rimba adalah dengan turun langsung kelokasi-lokasi terpencil dengan membawa dokter, tenaga medis serta obatan-obatan.

"Bukan pengobatan gratis, tapi kita memberikan pemeriksaan kesehatan pada masyarakat. Karena, selama ini banyak masyarakat ketika berobat di puskesmas tidak bertatap muka langsung bersama dokter. Makanya, kita siapkan semuanya," terangnya.

Untuk lebih menunjang jalannya program itu, Dinkes juga akan menggandeng kader-kader posyandu di puskesmas.

"Kita libatkan kader posyandu, karena selama ini merekalah yang menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan di masyarakat," ungkapnya.

Untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader posyandu, Diknes bersama PKK menggelar lomba asah terampil kader.

"Lomba asah itu agar kader bisa lebih terampil dalam menjalankan tugasnya," sebutnya.

Sementara itu, Yanti Setiawati Rusman, Ketua TP PKK Muna mengapresiasi kader posyandu yang selama ini telah memberikan pelayanan pada masyarakat, kendati tak menerima sepeserpun.

Baca Juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Operasi Lilin Kembali Digelar

"Semoga kader posyandu tetap semangat dalam menjalankan tugas yang mulia ini," katanya.

PKK sendiri akan terus melibatkan kader posyandu disetiap kegiatan. Karena, Ia ketahui, kader posyandulah yang mengetahui secara langsung kondisi kesehatan masyarakat.

"Di PKK, ada pokja bidang kesehatan, anggotanya rata-rata kader posyandu," tandasnya.

Reporter: Naryo
Editor: Sumarlin

Baca Juga