Dishub Sulawesi Tenggara Bakal Rehabilitasi Terminal Tipe B dan Tambah Terminal di Muna

Erni Yanti, telisik indonesia
Senin, 24 Juli 2023
0 dilihat
Dishub Sulawesi Tenggara Bakal Rehabilitasi Terminal Tipe B dan Tambah Terminal di Muna
Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara bakal rehabilitasi terminal tipe B dan akan tambahkan terminal di Kabupaten Muna. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Dalam memaksimalkan terminal Dishub akan menerapkan aturan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bahwa semua kendaraan Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) harus masuk terminal "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas perhubungan Sulawesi Tenggara bakal merehabilitasi terminal tipe B untuk maksimalkan pelayanan, dan akan menambah terminal di Kabupaten Muna pada tahun ini.

Sekretaris Dishub Sulawesi Tenggara, La Ode Fasikin megungkapkan telah banyak terminal yang dibangun dengan model tipe B namun belum difungsikan sepenuhnya.

Kata Fasikin, dalam memaksimalkan terminal Dishub akan menerapkan aturan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bahwa semua kendaraan Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) harus masuk terminal. Hal tersebut dilakukan melalui sosialisasi dilapangan kepada petugas-petugas yang ada di masing-masing terminal.

"Terminal kita ini sudah cukup banyak setiap daerah, terminal tipe B itu sudah cukup, tinggal kita memaksimalkan yang ada," ujar Fasikin.

Baca Juga: Dishub Sulawesi Tenggara Minta Lengkapi Izin Operasional Angkutan Umum

Fasikin menambahkan, beberapa terminal sekitar 16 terminal tipe B yang benar-benar belum maksimal untuk difungsikan sebagai layaknya sebuah terminal, karena masih banyak kendala-kendala AKDP yang liar tidak mau parkir kendaraannya di terminal melainkan di bahu jalan.

Sekretaris Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara, La Ode Fasikin La Ode Fasikin megungkapkan telah banyak terminal yang dibangun dengan model tipe B namun belum difungsikan sepenuhnya. Foto: Erni Yanti/Telisik

 

Lebih lanjut, Dishub akan turun ke lapangan melakukan sosialisasi penegakan hukum, para sopir dan kondektur diiimbau masuk terminal untuk menerima penumpang sehingga masyarakat punya kepastian untuk berangkat ke tujuan tertentu.

"Ada tambahan terminal tahun ini yaitu terminal tipe B di Kabupaten Muna, karena memang disana belum ada terminal tipe B tahun ini kita bangun,"ucapnya

Kemudian, langkah yang diambil dinas perhubungan dalam memaksimalkan fungsi terminal maupun pelabuhan dengan meningkatkan sarana prasarana sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan nyaman.

Terminal akan dikembangkan dari yang sebelumnya pada ruangan terbuka kemudian akan diubah menjadi dalam ruangan yang ber AC bak seperti bandara.

"Nanti yang kita bangun di Muna itu sudah terminal-terminal yang standar dan bagus nantinya dan bisa juga kita jadikan terminal percontohan karena kita baru mau bangun," tuturnya.

Kedepan, harap Fasikin akan memberikan sentuhan fasilitas kepada pengguna jasa sehingga mereka merasa nyaman di dalam terminal maupun pelabuhan. Dan tahun ini perencanaan untuk di Kabupaten Muna.

Baca Juga: Dishub Sulawesi Tenggara Bakal Tambah Angkutan Laut Perintis

Dilansir dari Kompas.com, terminal merupakan bangunan yang difungsikan untuk menaikturunkan penumpang bus secara sah. Tanpa adanya terminal, berbagai aktivitas bus tidak tertata dan terdata sehingga rawan gangguan lalu lintas.

Merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 79 Tahun 2018, terdapat penetapan kode terminal untuk mengklasifikasikan tipenya. Terdapat 3 tipe terminal bus yang ditetapkan menurut aturan tersebut, yakni terminal tipe A, B, dan C

Menilik Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, dijelaskan bahwa terminal tipe A dikelola langsung oleh pemerintah pusat, tipe B dikelola oleh pemerintah daerah tingkat provinsi, dan tipe C pengelolaannya dikelola oleh pemerintah daerah tingkat kabupaten/kota.

Terminal tipe B membantu melayani kendaraan umum AKDP yang dipadukan dengan pelayanan angkutan dalam kota dan/atau angkutan pedesaan. (B-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Adinda Septia Putri

 

.* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga