adplus-dvertising

DPMD Muna Fasilitasi Bimtek Kamtibmas Linmas

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 13 Oktober 2021
313 dilihat
DPMD Muna Fasilitasi Bimtek Kamtibmas Linmas
Wabup Muna, Bachrun Labuta membuka Bimtek Kamtibmas. Foto: Sunaryo/Telisik

" Biaya pelaksanaan bimbingan tehnis (Bimtek) keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang diikuti linmas di 124 desa Kabupaten Muna sebesar Rp 3 juta. "

MUNA, TELISIK.ID - Biaya pelaksanaan  bimbingan tehnis (Bimtek) keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang diikuti linmas di 124 desa Kabupaten Muna sebesar Rp 3 juta.

Dana yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) itu disetorkan masing-masing Pj kepala desa (Kades) pada event organizer (EO) Pusat Studi Kabangsaan Indonesia Kontemporer (Pusbangkit).

Kabid Keuangan dan Aset Dinas Pemeberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Muna, Ikhsan menerangkan, dalam pelaksanaan Bimtek yang diikuti masing-masing dua orang linmas perwakilan desa, pihaknya sebatas melakukan fasilitasi penganggarannya.  


Baca juga: Kekerasan Anak Meningkat, Raperda Perlindungan Anak dan Perempuan Mulai Dibahas

Baca juga: Bupati Buton Utara Raih Doktor dari UNJ di Usia 71 Tahun

"Dana yang disetor Pj kades bukan ke DPMD, tapi ke EO. Kita sebatas fasilitasi penganggarannya yang sudah termuat dalam peraturan bupati (Perbup)," kata Ikhsan, Rabu (13/10/2021).

Dalam kegiatan yang dibuka Wakil Bupati (Wabup), Bachrun Labuta selama tiga hari itu, peserta akan mendapatkan akomodasi, seminar kit dan sertifikat.

"Yang atur semua EO. Jadi, tidak ada kaitanya dengan DPMD," ujarnya.

Tujuan kegiatan itu adalah untuk memberi pemahaman terhadap para linmas terkait langkah-langkah mendeteksi gangguan Kamtibmas di tengah-tengah masyarakat dan cara menanganinya melalui koordinasi dengan aparat kepolisian.

"Output kegiatan ini, kita harapkan peserta menjadi informasi terhadap situasi Kamtibmas di wilayah masing-masing," pungkasnya. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga