DPR RI Segera Jadwalkan Uji Kelayakan Calon Panglima TNI

Marwan Azis, telisik indonesia
Kamis, 04 November 2021
0 dilihat
DPR RI Segera Jadwalkan Uji Kelayakan Calon Panglima TNI
Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid. Foto: Repro Media Indonesia

" Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan, sebelum menyelenggarakan fit and proper test, Komisi I terlebih dahulu akan mengadakan rapat internal, salah satunya untuk melakukan verifikasi dokumen calon Panglima TNI, sebagamaina lazimnya dalam proses pemilihan panglima "

JAKARTA, TELISIK.ID - Komisi I DPR RI menyambut baik Surat Presiden (Surpres) terkait pencalonan KSAD Jenderal Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun di bulan November 2021.

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan, sebelum menyelenggarakan fit and proper test, Komisi I terlebih dahulu akan mengadakan rapat internal, salah satunya untuk melakukan verifikasi dokumen calon Panglima TNI, sebagamaina lazimnya dalam proses pemilihan panglima.

Selain itu kata Meutya, kemungkinan juga akan ada verifikasi aktual sebagai bagian dari fit and proper test. "Semangat Komisi I tentu lebih cepat lebih baik, dengan memperhatikan semua tahapan yang perlu dilalui secara lengkap," kata Meutya di Jakarta, Kamis (4/11/2021).

Ia menuturkan, hal teknis terkait rangkaian fit and proper test terhadap Andika Perkasa juga akan ditentukan dalam rapat internal yang akan dilaksanakan hari ini, Kamis (4/11/2021) pukul 14.00 WIB.

Baca Juga: Satgas COVID-19 Kembali Terbitkan Surat Edaran Tentang Ketentuan Perjalanan Dalam Negeri, Ini Aturannya

Baca Juga: Uji Kelayakan Calon Panglima TNI, DPR akan Pertanyakan Keamanan Papua dan Penghapusan Tes Keperawanan

"Rapat internal yang diikuti seluruh anggota Komisi I akan memutuskan kapan fit and proper test diadakan," ujarnya.

Menurut Meutya, Jenderal Andika memiliki profesionalitas dan integritas yang baik untuk menjadi panglima TNI.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Dr (H.C.) Puan Maharani telah menerima surat presiden (surpres) terkait calon Panglima TNI atas nama KSAD Andika Perkasa. Surpres diberikan langsung Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno kepada pimpinan DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (3/11/2021). (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga