Dua Hari Terdampar di Perairan Pasarwajo, Nelayan Asal Wakatobi Belum Ditemukan

Febriyani, telisik indonesia
Minggu, 01 Oktober 2023
0 dilihat
Dua Hari Terdampar di Perairan Pasarwajo, Nelayan Asal Wakatobi Belum Ditemukan
Tim SAR gabungan saat melakukan pencarian terhadap seorang nelayan asal Wakatobi yang terdampar di perairan Pasarwajo. Foto: Kolase

" Dua hari pencarian terhadap seorang nelayan, Hamid (35), asal Desa Kapota, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, mengalami mati mesin di perairan Pasarwano dan Wabula, Kabupaten Buton, saat melaut untuk mencari ikan, kini belum ditemukan "

BUTON, TELISIK.ID - Dua hari pencarian terhadap seorang nelayan, Hamid (35), asal Desa Kapota, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, mengalami mati mesin di perairan Pasarwano dan Wabula, Kabupaten Buton, saat melaut untuk mencari ikan, kini belum ditemukan.

Adapun unsur yang terlibat dalam pencarian adalah Pos SAR Baubau, Polairud Polres Buton, BPBD Buton Selatan, nelayan sekitar, dan  keluarga Korban.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan(KPP) kota Kendari, Muhamad Arafah mengatakan pada pukul 06.30 Wita, Tim SAR Gabungan kembali melanjutkan Ops SAR, Pencarian dilakukan dengan membagi 2 Tim sbb, Tim 1 dengan menggunakan RIB disekitar perairan wabula dengan luas area pencarian 50 NM², dan Tim 2  dengan menggunakan longboat menyisir di Teluk pasar wajo seluas 25 NM².

Baca Juga: Bawaslu Baubau Larang ASN Posting, Like, Comment dan Share Foto Peserta Pemilu di Medsos

"Hingga memasuki pukul 18.00 Wita pencarian yang dilakukan dengan hasil nihil, Ops SAR dihentikan sementara, akan dilanjutkan kembali besok pagi pada pukul 06.30 Wita," ungkap Arafah dalam keterangan tertulisnya, Minggu (1/10/2023).

Keluarga korban terus membagikan informaai kehilangan di media sosial, terutama Facebook. Berharap agar ada yang menemukan korban dan segera menghubungi kontak yang dibagikan.

Salah satu anggota keluarga dengan akun facebook, Rhena jak memposting foto korban dengan caption. "Jika ada yang melihat bapak ini, didarat maupun di tengah laut, tolong kabari nomor ini 082261134465," jelas Rhena dalam postingan tersebut.

Postingan ini mengundang perhatian warganet, banyak yang berkomentar mendokan agar korban segera ditemukan dalam keadaan selamat. Salah satunya, akun  Wa Ina Lebe berkomentar "Semoga segera ditemukan, amin, amin, amin," tulis Wa Ina dalam kolom komentar postingan tersebut.

Ia juga membagiakn postinganya ke group Faceebook Pasarwajo jual beli, mengingat korban terdampar di perairan Pasarwajo.

Baca Juga: Seorang Nelayan Asal Wakatobi Terdampar di Suar Tanjung Buton Perairan Pasarwajo

Kronologi kejadianya, pada Jumat 29 September 2023 pukul 17.00 Wita, korban keluar melaut untuk mencariikan, sekitar pukul 03.00 Wita, Korban dihantam oleh badai dan memutuskan untuk kembali pulang.

Pada pukul 03.05 Wita, anak dari korban menerima telpon dari korban yang menginformasikan kondisi kapal yang mengalami mati mesin sekitar perairan lasalimu.

Pada pukul 10.25 Wita. pihak keluarga kembali menerima telpon dari korban yang menginformasikan posisi korban terbawa arus hingga ke suar Tanjung buton di perairan Pasarwajo. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga