Es Kado Jajanan Jadul yang Masih Eksis di Tengah Kepungan Varian Modern

Tim Telisik, telisik indonesia
Selasa, 22 November 2022
0 dilihat
Es Kado Jajanan Jadul yang Masih Eksis di Tengah Kepungan Varian Modern
Meski terbilang jadul, es kado rupanya masih eksis di masyarakat, terutama pada siswa sekolah. Foto: Jekaristian Lase/Telisik

" Meski terbilang jadul, es kado rupanya masih bisa eksis hingga sekarang, di era banyaknya varian jajanan modern "

KENDARI, TELISIK.ID - Meski terbilang jadul, es kado rupanya masih bisa eksis hingga sekarang, di era banyaknya varian jajanan modern.

Es kado sendiri merupakan jajanan tempo dulu yang turun temurun disukai oleh banyak orang, karena rasanya manis dan dingin layaknya es krim, tapi lebih ekonomis.

Es kado biasanya terbuat dari tepung hunkwe atau pati kacang hijau, karena tepung ini bisa menghasilkan tekstur es yang lembut dan tidak keras, sehingga es kado ini cocok dinikmati oleh berbagai kalangan, namun sayangnya penjual es kado ini sudah lumayan sulit ditemukan.

Baca Juga: Camilan Khas Wakatobi: Karasi

Akan tetapi, di Kota Kendari masih ditemukan pedagang jajanan jadul ini, ialah Tono (42) yang sudah berjualan es kado selama 26 tahun.

Tono biasa mangkal keliling sekolah yang tersebar di wilayah Kota Kendari di setiap jam istrahat dan pulang sekolah.

Meski jajanan jadul, tetapi masih banyak diminati, terutama para siswa sekolah yang selalu memborong es kado dengan berbagai varian rasa seperti coklat, nangka dan stroberi.

Salah seorang pembelinya, Jefin mengatakan, es kado yang dijual Tono memiliki rasa yang enak, terlebih varian coklatnya.

Sedangkan pembeli lainnya, Hikma mengatakan, selain enak dimakan, es kado itu juga cukup murah, pas dengan kantong anak sekolahan.

Baca Juga: Resep Rumahan Sederhana Low Budget di Bawah Rp 15 Ribuan, Cocok Menu Tanggal Tua

"Rasa yang paling saya suka nangka," ucap Hikma, Selasa (22/11/2022).

Omzet yang diperoleh Tono setiap hari sekitar Rp 400 ribu, kadang bisa lebih namun juga bisa kurang, itu semua tergantung cuaca.

"Kalau cuaca lagi bagus semua habis, tapi kalau cuaca lagi hujan, sedikit yang laku. Tapi Alhamdulillah hampir setiap hari habis," ujar Tono. (A)

Penulis: Jekaristian Lase

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga