Fakta Menarik Anak Pertama Perempuan, Ini Pelajaran Hidup yang Kamu Dapatkan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 31 Agustus 2022
0 dilihat
Fakta Menarik Anak Pertama Perempuan, Ini Pelajaran Hidup yang Kamu Dapatkan
Anak pertama selalu menjadi harapan terbesar dalam keluarga. Foto: Repro idntimes.com

" Anak pertama menjadi harapan terbesar orangtua bahkan keluarga yang terkadang dituntut untuk menjadi pribadi yang kuat, mandiri bahkan menjadi panutan dibanding dengan saudaranya yang lain "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjadi anak pertama apalagi seorang perempuan tidaklah mudah. Anak pertama menjadi harapan terbesar orangtua bahkan keluarga yang terkadang dituntut untuk menjadi pribadi yang kuat, mandiri bahkan menjadi panutan dibanding dengan saudaranya yang lain.

Berikut ini fakta menarik menjadi anak pertama perempuan, seperti dilansir dari halodoc.com, yaitu:

1. Mandiri

Menjadi anak pertama apalagi perempuan kamu dituntut untuk bisa mandiri, Pelajaran hidup yang pertama adalah kamu dituntut untuk belajar mandiri sejak dini. Menjadi seorang perempuan mandiri adalah suatu keharusan, dengan begitu kamu bisa berdiri di kaki sendiri dan tidak selalu bergantung pada orang lain.

Karena menjadi seorang mandiri kamu akan lebih mudah dalam menjalani hidup. Selain itu kamu juga tidak menjadi wanita manja dan cengeng yang selalu bergantung pada orang lain.

Dengan sifat mandirimu itulah, kamu cenderung bisa melakukan apa saja dan memiliki ambisi besar untuk meraih cita-cita demi kebahagiaan orangtua dan keluarga. Walaupun demikian kamu akan tetap butuh seseorang yang selalu ada di sampingmu

2. Jiwa kepemimpinan

Fakta anak perempuan pertama selanjutnya adalah, memiliki jiwa kepemimpinan. Karakter tersebut muncul karena sejak kecil ia terbiasa diandalkan oleh orangtua untuk menjaga adik-adik. Anak perempuan pertama cenderung tidak mudah menyerah, dan cocok menjadi mentor dalam hal pekerjaan.

3. Rasa peduli

Memiliki rasa peduli yang tinggi menjadi fakta anak perempuan pertama selanjutnya. Hal tersebut dikarenakan, ia sudah terbiasa berusaha melindungi, mengayomi dan memberikan bantuan pada adik-adiknya sedari kecil. Dalam hubungan percintaan, anak perempuan pertama dikenal sebagai sosok yang perhatian pada pasangan.

4. Naluri keibuan

Baca Juga: Punya Bekas Luka? Hilangkan dengan 7 Bahan Alami Ini

Meski karakternya kuat, naluri keibuan anak perempuan pertama kerap kali muncul. Hal tersebut dikarenakan, ia terbiasa menggantikan peran ibunya. Contohnya seperti bebenah rumah, menyiapkan makan adik-adik, dan lain-lain ketika ibunya tidak berada di rumah. Bisa dibilang, naluri keibuan tumbuh secara alami.

5. Pekerja keras

Fakta anak perempuan pertama selanjutnya adalah, pekerja keras. Anak pertama perempuan selalu fokus dalam mengerjakan pekerjaan, sehingga ia cenderung memiliki karier yang baik. Bisa dibilang, anak perempuan pertama adalah sosok yang berkualitas, termasuk pada bidang pekerjaannya.

6. Sangat cerewet

Anak pertama perempuan biasanya sangat cerewet. Ia senang sekali memberikan nasihat-nasihat pada adik-adik dan orang terdekatnya. Pada adik-adiknya, nasihat yang dilontarkan bertujuan untuk menjaga mereka tetap aman dan memiliki hidup yang bahagia.

7. Pandai menyesuaikan diri

Fakta anak perempuan pertama yang terakhir adalah, pandai menyesuaikan diri. Mereka cenderung tahan banting dan dapat hidup dalam situasi yang tidak mengenakkan sekalipun. Hal tersebut didapatkan dari kesenangannya dalam berpetualang.

Berikut ini hal yang bisa kamu ambil pelajaran hidup di menjadi anak pertama perempuan, seperti dilansir dari idntimes.com, yaitu:

1. Menjadi panutan

Menjadi anak pertama akan selalu menjadi panutan dan contoh bagi saudaramu yang lain. Kamu adalah sosok terpenting bagi adik-adikmu, apa yang kamu lakukan, bagaimana sikapmu, akan selalu menjadi sorotan oleh saudaramu. Oleh sebab itu menjadi seorang kakak perempuan harus bisa menjadi contoh baik bagi keluarga. Sehingga saudaramu yang lain juga akan mencontoh perilaku baikmu itu.

2. Harapan besar keluarga

Orangtuamu walaupun tidak secara langsung menunjukkannya, mereka saat ini tengah berharap besar terhadapmu. kamu anak pertama adalah harapan terbesar untuk keluarga. Berharap untuk kamu sukses dalam studi, sukses dalam karir, dan harapan baik lainnya.

Walaupun mereka tidak secara langsung menuntutmu, tapi yakinlah kamu adalah harapan terbesar di keluargamu. Maka dari itu jangan pernah mengecewakan mereka, buatlah bangga dengan prestasi, karir, pendidikan yang sukses sesuai versimu sendiri.

3. Paham kerja keras orangtua

Secara tidak langsung menjadi anak pertama apalagi perempuan, kamu akan lebih tahu dan merasakan bagaimana kerasnya perjuangan orangtua untuk menghidupi keluarganya. Kamu lebih peka bahwa mereka telah berjuang sampai sekarang untuk anak-anaknya. terkadang orangtua sering bercerita saat lelah, bercerita bagaimana kondisi pekerjaanya saat ini.

Bisa dibilang kamu adalah pendengar yang baik bagi mereka. So, cobalah cari waktu agar tetap bisa berbicara dan ngobrol bersama di sela kesibukanmu. Karena terkadang mereka rindu terhadap moment tersebut.

4. Lebih bijaksana

Sifat bijaksana tercermin oleh pribadimu, karena naluri sebagai seorang kakak yang sayang terhadap adik-adiknya. Kamu akan lebih sering mengalah demi membuat saudaramu senang.

Baca Juga: 9 Sikap Orang Tua yang Bisa Merusak Masa Depan Anak

Apapun yang mereka inginkan kamu akan mencoba melakukannya selagi kamu masih bisa mengusahakan. Sifat bijaksana juga terlihat dari tindakanmu yang tidak egois dan mengayomi dalam keluarga.

5. Mental kuat

Menjadi seorang anak pertama perempuan tidaklah mudah seperti yang dibayangkan. Mereka mau tidak mau dituntut untuk memiliki mental kuat seperti baja. Karena dia memiliki tanggung jawab untuk keluarga dan saudaranya yang lain.

Sejak kecil kamu sudah sering dilatih hidup kuat oleh orangtuamu, sehingga kamu menjadi sosok perempuan yang dewasa dan tidak manja.  

6. Ambisi lebih besar capai kesuksesan

Sebagai anak pertama apalagi seorang perempuan, kamu mempunyai ambisi yang besar untuk berjuang dan mencapai titik kesuksesan dibandingkan dengan saudaramu yang lain.

Karena kamu adalah anak pertama yang diharapkan orangtuamu untuk menjadi seorang yang memiliki tekad besar untuk menggapai impian, sehingga kamu bisa menjadi tumpuan oleh keluargamu. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga