Fakta Psikologis, Alasan Wanita Diam saat Marah

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 07 Juli 2022
0 dilihat
Fakta Psikologis, Alasan Wanita Diam saat Marah
Ekspresi wanita ketika marah pada pasangannya adalah diam tak akan berbicara sepatah kata pun bahkan acuh tak acuh denganmu. Foto: Repro Ekspresi Wanita

" Memiliki pasangan yang selalu diam saat marah memang menjadi hal yang membingungkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Memiliki pasangan yang selalu diam saat marah memang menjadi hal yang membingungkan. Usaha yang kamu lakukan untuk membuat situasi seperti sedia kala terkadang tak membuahkan hasil. Tapi jangan menyerah, yuk coba hadapi si dia dengan tips berikut ini.

Dikutip dari alodokter.com, dalam sebuah hubungan, diam di tengah konflik biasanya dilakukan sebagai sikap mengalah untuk tidak memperpanjang masalah. Tetapi di sisi lain, hal ini juga bisa menjadi bentuk manipulasi dan perilaku pasif-agresif untuk mengontrol pasangannya.

Orang yang mendapat perlakuan ini bisa merasa kebingungan, ketakutan, putus asa, tidak dihargai dan dicintai, rendah diri, hingga stres. Jika terus terjadi, stres dan emosi negatif yang timbul karena mendapatkan silent treatment bisa menyebabkan seseorang berisiko menjadi depresi atau cemas berlebihan, lho.

Dilansir dari hipwee.com, ada beberapa alasan cewek diam seribu bahasa saat marah ke cowoknya, siapa tahu ada satu yang dirasakan cewekmu.

1. Diam karena sedih

Dia diam karena sedih atas kamu, dirinya sendiri, atau keadaan. Dia sedih karena kamu tidak mengerti perasaannya, tidak mengerti maunya apa, padahal dia sangat sayang padamu. Dia sedih karena kamu seharusnya melakukan sesuatu tapi ternyata kamu cuek saja. Pada titik ini dia introspeksi. Pada titik ini juga dia ada rasa putus asa. Bisa saja terlintas di pikirannya bahwa dia bukan orang yang tepat buatmu (beda lho ya dengan: kamu bukan orang yang tepat buat dia). Saat sedih atas dirinya sendiri, ia menyalahkan diri sendiri tapi tidak bisa mengucapkan maaf padamu.

2. Diam karena cemburu

Saat cewekmu tiba-tiba diam seribu bahasa coba ingat lagi apa yang kamu lakukan sebelumnya. Apakah membalas chat mantan? Apakah berkomunikasi dengan cewek yang pernah kamu taksir? Apakah menanggapi cewek yang naksir kamu? Apakah tawamu begitu renyah saat menelepon cewek lain? Apakah mata dan senyummu lebih sumringah saat berhadapan dengan cewek lain? Apakah kamu pergi nonton dengan sahabatmu (cewek maksudnya)? Dan apakah-apakah yang lain.

3. Diam karena tidak mencintaimu sepenuhnya

Kalau yang ini kita bagi jadi tiga sub-jenis. Pertama, dia diam karena tidak mau ambil pusing dengan konflik kalian. Ini karena perasaannya buatmu tidak begitu dalam. Mungkin, kamu hanya pelariannya saja, dia menjalin hubungan denganmu karena terpaksa, atau hanya cari teman ngobrol. Konflik kalian tidak penting baginya. Dia tidak takut kehilangan kamu

4. Diam karena ingin menghukummu

Dia marah padamu, dia kesal, tapi cewek ini bukan tipe yang bisa marah-marah, ngomel-ngomel. Saat dia kecewa, dia dendam dengan cara memutus komunikasi kalian. Dengan begitu, kamu akan bingung mencari tahu kenapa, ada apa, salah apa. Ia sengaja membuatmu tidak bisa tenang. Ia ingin kamu merasa bersalah dan sedih. Sebenarnya ia memikirkanmu dan berharap kamu sibuk mencarinya. Dengan begitu, ia tahu kamu masih menginginkannya.

5. Diam karena ingin tahu tentang sesuatu tapi tak ingin bertanya

Dia diam dengan dugaan-dugaannya sendiri, dengan kesimpulan-kesimpulannya sendiri. Apa yang sebenarnya kamu lakukan tadi malam? Ke mana sebenarnya kamu beberapa hari ini? Kenapa kamu jalan dengan teman cewekmu tanpa minta persetujuannya? Apakah kamu menyimpan hati untuk cewek lain? Kenapa kamu mengunci ponselmu dan tidak memberi tahu password-nya? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Baca Juga: 5 Hewan yang Umurnya Terpendek di Dunia, Ada yang Cuma Sehari

Dia sebenarnya ingin tahu, sangat ingin tahu, tapi dia tak mau bertanya padamu, dan itu sangat menganggu pikirannya. Dia tidak mau bertanya entah karena gengsi, memakan kesimpulannya sendiri, tidak ingin menganggu kesibukanmu, atau dia ingin kamu sendiri yang menjelaskan tanpa harus ditanya.

Apa pun alasannya, hal ini tentu sah-sah saja dan jadi hak pasangan Anda.

Dikutip dari hellosehat.com, agar hubungan kembali mencair, simak cara menghadapinya:

1. Dekati dengan lembut

Pendekatan yang lembut mungkin jadi salah satu cara efektif untuk memulai percakapan. Dekati pasangan Anda pelan-pelan, kemudian coba bicara padanya dengan intonasi lembut. Tanyakan padanya mengapa ia harus mendiamkan Anda.

Kemudian, beri tahu bahwa Anda ingin berdiskusi untuk menyelesaikan masalah ini. Sampaikan permintaan maaf jika kesalahan terletak pada Anda.

2. Beritahukan perasaanmu

Saat pasangan sudah marah dan diam selama berjam-jam, bahkan berhari-hari, sampaikan perasaanmu padanya.

Katakan bahwa sikapnya itu sangat membuat Anda sedih dan bingung. Hal ini justru membuat Anda tak tahu apa yang harus dilakukan dan akan menunggu akan sampai mau berbicara padanya.

3. Beri ia waktu hingga menghampirimu

Terkadang pasangan marah bukan karena Anda salah, tetapi bisa saja karena ia ingin Anda menuruti keinginannya. Diam kerap menjadi senjata yang kemudian diluncurkan agar Anda mau mengikuti aturan mainnya.

Baca Juga: Mengenal Arawinda Kirana Dituduh Pelakor, Istri Sah Beri Komentar Pedas

Namun, jika Anda merasa keinginannya tidak masuk akal dan Anda enggan melakukannya, tak perlu pusing. Sesekali, Anda bisa mendiamkannya hingga ia sendiri yang nantinya akan melunak.

Namun sebelum itu, Anda tetap perlu berusaha mengajak pasangan berbicara. Jika ternyata ia tidak menanggapi Anda dan tetap bersikeras pada pendiriannya, cobalah diamkan sejenak. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga