Forum Puspa Bakal Preasure Penanganan Kekerasan Seksual di Butur

Musdar, telisik indonesia
Kamis, 20 Februari 2020
0 dilihat
Forum Puspa Bakal Preasure Penanganan Kekerasan Seksual di Butur
Ketua Forum Puspa Sultra, Hasmida Karim. Foto: Musdar/Telisik

" Melalui forum ini, nanti akan kita mempreasure kasus di Butur karena forum ini menjadi indikator buat pemerintah daerah dalam mencapai pemenuhan hak anak. "

KENDARI, TELISIK.ID - Forum Partisipasi Masyarakat Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Puspa) Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal mempreasure penanganan kasus kekerasan seksual di Butur.

Ketua Forum Sultra, Hasmida Karim menilai, penanganan kasus kekerasan seksual anak di bawah umur yang diduga melibatkan Wakil Bupati Butur lambat dilakukan.

Baca Juga: Komisi III Sesalkan Sikap Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Untuk itu, pasca terbentuknya kepemimpinan Puspa baru untuk periode 2020-2023 salah satu fokus kerja Puspa akan mendampingi korban kekerasan seksual perempuan di Butur.

"Melalui forum ini, nanti akan kita mempreasure kasus di Butur karena forum ini menjadi indikator buat pemerintah daerah dalam mencapai pemenuhan hak anak," ujaranya Kamis (20/2/2020).

Untuk penanganan kasus kekerasan tersebut, Forum Puspa Sultra akan berkoordinasi dengan organisasi Aliansi Perempuan (Alpen) Sultra. Untuk mengetahui sampai dimana kasus ini berjalan.

Sementara itu, untuk penanganan pemulihan korban, Puspa akan berkoordinasi dengan Dinas  Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3A PPKB)  Sultra, agar korban kekerasan ini dapat kembali bersekolah dan mendapatkan dukungan dari lingkungannya.

"Untuk penanganan kasus pidananya Puspa bekerjasama dengan pengacara dan paralegalnya," pungkasnya.

Direktur Alpen Sultra ini  mengungkapkan, sering meninjau korban di kediamannya di Butur. Ia menyayangkan dalam penanganan kasus ini, pemeriksaan hanya fokus pada korban dan saksi korban.  Alpen belum pernah mendengar Polda memeriksa pelaku.

Baca Juga: Fraksi Nasdem Pilih Siska Karina Agar Ada Keterwakilan Perempuan

"Padahal dari Polres Muna sudah jelas tersangkanya, nah kapan Polda memeriksa tersangkanya," terangnya.

Terkait kabar korban yang tidak lagi bersekolah karena malu, forum Puspa akan mencoba mencarikan lingkungan sekolah yang baru yang dapat menerima korban.


Reporter: Musdar
Editor: Sumarlin

Baca Juga