Gedung Baru RS dr LM Baharuddin Terkendala Listrik

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 28 Januari 2023
0 dilihat
Gedung Baru RS dr LM Baharuddin Terkendala Listrik
Gedung baru terintegrasi RS dr LM Baharuddin yang dibangun menggunakan dana pinjaman PEN. Foto: Sunaryo/Telisik

" Pembangunan gedung baru dan jembatan selesai tepat waktu sebelum 31 Desember 2022. Hanya saja, gedung baru belum bisa difungsikan karena terkendala listrik "

MUNA, TELISIK.ID - Rumah Sakit (RS) dr LM Baharuddin tahun 2022 lalu mendapat kucuran dana pinjaman program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebesar Rp 7 miliar.

Anggaran tersebut diporsikan untuk pembangunan gedung baru terintegrasi dan jembatan. Rincian anggarannya, gedung Rp 5,9 miliar dan jembatan Rp 950 juta.

Direktur RS dr LM Baharuddin, dr Muhamad Marlin menerangkan, pembangunan dua item kegiatan itu selesai tepat waktu sebelum 31 Desember 2022. Hanya saja, gedung baru belum bisa difungsikan dikarenakan terkendala listrik.

"Anggaran penyambungan listriknya klop dengan pembangunan gedung. Saat ini, kontrkatornya sudah berkoordinasi dengan pihak PLN," kata Marlin, Sabtu (28/1/2023).

Baca Juga: MA Putuskan Pulau Wawonii Dilarang Ditambang, Aktivitas Penambangan Harus Dihentikan

Untuk pencairan dananya telah 100 persen sesuai progres fisik. Nah, saat ini, pihaknya masih memunggu penyerahan dari kontraktor, sehingga gedung baru itu bisa difungsikan.

"Masih tanggung jawab kontraktor. Kita beri waktu hingga Februari," ujarnya.

Baca Juga: Bangun Pusat Perkantoran, Pj Bupati Muna Barat Minta Pendampingan Kejari dan BPKP

Ketua Komisi III DPRD Muna, Awal Jaya Bolombo mendesak manajemen RS untuk segera memfungsikan bangunan itu, sehingga bisa bermanfaat. Karena, dari pengawasan yang mereka lakukan, ditemukan masih minim ruang rawat inap.

"Kita minta secepatnya difungsikan. Termasuk gedung VIP yang selama ini digunakan untuk pasien COVID-19," tukasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga