Gedung Isolasi Pasien COVID-19 Segera Difungsikan

Siswanto Azis, telisik indonesia
Rabu, 06 Mei 2020
0 dilihat
Gedung Isolasi Pasien COVID-19 Segera Difungsikan
Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sulawesi Tenggara, Pahri Yamsul, Foto: Repro Google.com/Telisik

" Anggaran tersebut sudah mencakup semuanya, mulai dari pembangunan gedung serta pembelian alat ruangan isolasi. Kalau pembelian peralatan medisnya wewenang Dinas Kesehatan, karena mereka yang paham alat mana yang bagus. "

KENDARI, TELISIK.ID - Gedung isolasi khusus untuk pasien COVID-19 yang dibangun oleh Pemerintah Provinsil Sulawesi Tenggara telah rampung.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sulawesi Tenggara, Pahri Yamsul, mengatakan, pembangunan gedung ini menghabiskan anggaran sebanyak Rp 5,5 miliar.

"Anggaran tersebut sudah mencakup semuanya, mulai dari pembangunan gedung serta pembelian alat ruangan isolasi. Kalau pembelian peralatan medisnya wewenang Dinas Kesehatan, karena mereka yang paham alat mana yang bagus," terang Pahri.

Pahri Yamsul mengatakan, pengerjaan fisik gedung isolasi sebanyak 24 bilik telah rampung dan pihaknya tinggal menunggu alat kesehatannya.

Baca juga: Pilkada Ditunda Lagi, KPU Sultra Hanya Lanjutkan Tahapan

"Proses pemasangan bilik isolasi sudah dituntaskan. Kini, Pemprov tinggal menunggu peralatan kesehatan untuk melengkapi fasilitas gedung isolasi ini sebelum difungsikan," terang Pahri.

Namun yang masih menjadi kendala sampai saat ini adalah proses pengiriman barang. Sejak penghentian maskapai penerbangan, waktu pendistribusian barang menjadi lebih lama.

“Dihentikan pengiriman barang, akhirnya kita harus menunggu agak lama. Makanya saat ini kita sedang mencari cara bagaimana barang itu bisa segera sampai di Sultra,” kata Fahri Yamsul kepada awak media, Rabu (6/5/2020).

Pahri menambahkan, wacana untuk menyewa pesawat hercules pun juga dilakukan Pemprov Sultra. Namun upaya ini masih dipertimbangkan.

“Kita berupaya agar barang tersebut bisa segera tiba. Barangnya sudah di Surabaya sekarang,” ujarnya.

Reporter: Dul

Editor: Rani

Baca Juga