Gempa Landa Lasalimu Selatan Kabupaten Buton

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Selasa, 09 November 2021
0 dilihat
Gempa Landa Lasalimu Selatan Kabupaten Buton
Tugu selamat datang di Kabupaten Buton. Foto: Ist.

" Kecamatan Lasalimu Selatan Kabupaten Buton diguncang gempa dengan magnitudo 4,7 sekitar pukul 10.19 Wita pada Selasa (9/11/2021) "

BUTON, TELISIK.ID - Kecamatan Lasalimu Selatan Kabupaten Buton diguncang gempa dengan magnitudo 4,7 sekitar pukul 10.19 Wita pada Selasa (9/11/2021).

Dari hasil analisis BMKG diperoleh data episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5.32 LS, 123.16 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 0.6 km, Barat Daya Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 13 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal di Barat Daya Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton," ungkap Rudin, Kepala Stasiun Geofisika Kendari

Guncangan gempa bumi tersebut lanjut Rudin, dilaporkan dirasakan di Lasalimu Selatan III-IV MMI, Pasarwajo III MMI, Baubau II-III MMI (pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi).

Baca Juga: Kukuhkan Ratusan Satlinmas, Ini Pesan Bupati Kolaka Utara

Baca Juga: Serahkan Dokumen Formula E ke KPK, Pemprov DKI: Ini Bentuk Komitmen

“Hingga pukul 10.50 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan,” katanya

Untuk selanjutnya Rudin mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Dan dari beberapa sumber yang ada, gempa tersebut dirasakan oleh warga dengan waktu yang singkat hanya sekitar 5 menit dan tidak menimbulkan kerusakan yang berarti. (C)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga