Generasi Milenial Harus Bisa Mencintai Dunia Bertani

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Kamis, 15 Desember 2022
0 dilihat
Generasi Milenial Harus Bisa Mencintai Dunia Bertani
Mahasiswa Fakultas Pertanian UHO Kendari saat melakukan praktik pembuatan pupuk organik. Foto: Ist.

" Terobosan-terobosan baru terus dilakukan agar pertanian Indonesia dapat terus berkembang dan generasi milenial bisa lebih mencintai dunia bertani, serta ikut terlibat mewujudkan ketahanan pangan di dalam negeri "

KENDARI, TELISIK.ID - Terobosan-terobosan baru terus dilakukan agar pertanian Indonesia dapat terus berkembang dan generasi milenial bisa lebih mencintai dunia bertani, serta ikut terlibat mewujudkan ketahanan pangan di dalam negeri.

Belum banyak generasi milenial yang memandang pekerjaan di bidang pertanian memiliki masa depan yang menjanjikan atau bahkan bisa berkontribusi besar terhadap negara.

Untuk itu, Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo (Faperta UHO) Kendari terus melakukan upaya-upaya untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) mahasiswa termasuk untuk calon petani milenial.

Baca Juga: Konsumen Masih Transaksi Tunai, Pedagang Pasar Sentral Kendari Enggan Gunakan QRIS

Dekan Faperta UHO Kendari, Prof Dr Marsuki Iswandi mengatakan, pembangunan SDM khususnya di bidang pertanian masih harus terus digenjot.

"Sampai saat ini, kita terus berupaya agar alumni-alumni pertanian dapat bekerja sesuai di bidang yang ia tekuni saat kuliah," ujarnya, Kamis (15/12/2022).

Prof Marsuki menambahkan, upaya untuk membangun kembali kepercayaan generasi muda pada masa depan pekerjaan di bidang pertanian juga masih terus dilakukan. Salah satunya melalui intervensi perguruan tinggi terutama yang memiliki program studi bidang pertanian.

Faperta sendiri sudah melakukan kerjasama dengan beberapa industri seperti, PT Cipta Agung Manis, PT Jhonlin Group dan industri yang bergerak di bidang kelapa sawit. Selain itu ada juga lahan pertanian yang ada di sekitar UHO untuk tempat praktik langsung.

Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam kegiatan bisnis, dilakukan dengan menimba pengalaman langsung lewat kegiatan magang di beberapa perusahaan industri kerjasama Faperta.  

Baca Juga: Pengunjung Lippo Plaza Menurun Sejak The Park Kendari Beroperasi

Salah satu mahasiswa jurusan Agroteknologi di Faperta UHO, Irfan mengatakan, kerja sama dengan beberapa perusahaan itu dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada mahasiswa pertanian semua jurusan.

"Manfaatnya bisa menjadi suport praktik kerja mahasiswa pertanian, penerimaan magang, sponsor kegiatan mahasiswa pertanian, pembuatan inkubator industri, penyerapan tenaga kerja untuk alumni pertanian," ujar Irfan.

Dia juga berharap Faperta dapat terus mensosialisasikan segala bentuk kerjasama yang dilakukan dan mempersiapkan sistem untuk mahasiswa bisa mengakses manfaat dari hasil kerjasama yang ada. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga