Gerakan Pangan Murah, Pemda Muna Barat Bersama Bulog Siapkan 3 Komoditi

Putri Wulandari, telisik indonesia
Senin, 16 Oktober 2023
0 dilihat
Gerakan Pangan Murah, Pemda Muna Barat Bersama Bulog Siapkan 3 Komoditi
Masyarakat menyerbu tiga komoditi dalam gerakan pangan murah serentak se-Indonesia. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Gerakan pangan murah serentak se-Indonesia, membuat Pemda Muna Barat bersama Bulog menyediakan tiga komoditi pangan untuk masyarakat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Gerakan pangan murah serentak se-Indonesia, membuat Pemda Muna Barat bersama Bulog menyediakan tiga komoditi pangan untuk masyarakat.

Dalam rangka hari pangan sedunia, Pemerintah Pusat mengintruksikan kepada seluruh kepala daerah untuk mengadakan pangan murah bagi masyarakat, hal itu dilakukan untuk membantu masyarakat di tengah mahalnya harga bahan pokok di pasaran.

Gerakan pangan murah itu dilaksanakan di Kelurahan Lapadaku, Kecamatan Lawa, dalam gerakan pangan murah itu turut dilaksanakan secara virtual antara pihak Pemerintah Pusat dan pemerintah daerah.

Baca Juga: Pemda Muna Barat Siapkan Anggaran bagi Tenaga Honorer dan Ketua RT/RW

Sekretaris Daerah (Sekda) Muna Barat, LM Husein Tali mengatakan, gerakan pangan murah ini sebagai wujud perhatian pemerintah terhadap masyarakat di tengah kondisi saat ini, yang mana harga bahan pokok mengalami kenaikan terutama beras.

Untuk itu, Pemerintah Pusat mengintruksikan kepada pemerintah daerah untuk terus hadir di tengah masyarakat dalam situasi kekeringan saat ini, sehingga seluruh pemerintah daerah harus mendukung program tersebut.

"Akibat kekeringan ini berdampak dan sangat dirasakan oleh masyarakat, pasalnya tanaman yang dipanen hasilnya tak sesuai," ungkapnya, Senin (16/10/2023).

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Muna Barat, La Ode Aka mengatakan, dalam gerakan pangan murah serentak ini pemda bersama Bulog menyiapkan tiga komoditi yaitu beras, minyak goreng dan gula pasir.

Baca Juga: Pemda Muna Barat Kembali Tata Upah Honor Tenaga Kesehatan

"Untuk total beras yang disiapkan sebanyak 3 ton, gula pasir sebanyak 200 kilogram, serta minyak goreng sebanyak 500 liter," ungkapnya.

Dalam gerakan pangan murah itu, pihaknya memberikan harga pada tiga komoditi di bawah harga pasar yaitu beras SPHP 5 kilo gram sebesar Rp 53.000, minyak goreng merk minyak kita dengan harga Rp 14.000 per liter, serta gula pasir dengan harga Rp 15.000 per kilogram.

Ia mengatakan, untuk harga di pasar beras per kilo gram mencapai Rp 13.600, minyak goreng mencapai Rp 20.000, serta gula pasir mencapai Rp 17.000. (B-Adv)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga