Gerhana Matahari Cincin Akan Telihat di Seluruh Wilayah Sultra

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 26 Desember 2019
0 dilihat
Gerhana Matahari Cincin Akan Telihat di Seluruh Wilayah Sultra
Gerhana matahari cincin. Foto: Istimewa

" "

KENDARI  TELISIK.ID - Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang akan terjadi, dapat dilihat dari seluruh wilayah Sultra. Fenomena alam ini dimulai pada pukul 10.13 WIB dan akan berakhir pada pukul 17.00 WIB, seperti dilansir dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di situs resminya, Rabu (25/12/2019).

Sementara itu, untuk Kota Kendari, gerhana matahari fase sebagian akan mucul pada pukul 12.35 Wita dan puncaknya akan terjadi pada pukul 14.22 Wita dengan magnitudo gerhana mencapai 76 persen.

Gerhana matahari cincin merupakan peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan sehingga tidak semuanya sampai ke bumi. Fenomena tersebut merupakan akibat dari dinamisnya pergerakan matahari, bumi dan bulan.

GMC ini terjadi pada saat matahari, bulan dan bumi tepat segaris. Saat itu piringan bulan yang terlihat dari bumi sangat kecil dibanding piringan matahari, akibatnya pada puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin.

Baca Juga: Salimah Kendari: Waspadai Bahaya LGBT di Masyarakat

Untuk wilayah yang akan terlewati oleh GMC ini adalah Qatar, India, Srilanka, Singapura, Malaysia, Oman, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Untuk menjaga dampak yang terjadi pada masyarakat akibat fenomena alam tersebut, BMKG mengimbau masyarakat yang menyaksikan gerhana agar tidak menatap langsung ke arah matahari tanpa menggunakan kacamata gerhana.

Reporter: M1
Editor: Rani

TAG:

BMKG

Baca Juga