Gubernur Akan Kembalikan Fungsi Lahan Bumi Perkemahan Deli Serdang

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Selasa, 07 Februari 2023
0 dilihat
Gubernur Akan Kembalikan Fungsi Lahan Bumi Perkemahan Deli Serdang
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi ketika diwawancarai sejumlah awak media beberapa saat yang lalu. Foto: Tim Humas Pemerintah Sumatera Utara

" Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengaku sudah berencana atau menjadi penertiban sejumlah bangunan yang berada di lahan Bumi Perkemahan (Bumper) Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang dalam waktu dekat ini "

MEDAN, TELISIK.ID - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengaku sudah berencana atau menjadi penertiban sejumlah bangunan yang berada di lahan Bumi Perkemahan (Bumper) Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang dalam waktu dekat ini.

"Iya, akan dilakukan usai kedatangan Presiden RI, Joko Widodo menghadiri Hari Pers Nasional (HPN) di Sumatera Utara tahun ini," kata Edy Rahmayadi di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernuran, Jalan Diponegoro, Medan, Selasa (7/2/2023).

Gubernur Sumatera Utara ini juga memastikan akan melakukan penertiban bangunan di Bumper Sibolangit. Bahkan, personel Satpol PP sudah menempelkan surat pemberitahuan penertiban sejumlah bangunan yang ada di sana.

Baca Juga: Kontraktor Proyek Gapura Dinas Perkim Medan Senilai Rp 3,7 Miliar Diminta Diblacklist

"Ya harus ditertibkan Sibolangit itu Pramuka, pendidikan, kepemudaan, para Pramuka kita, anak-anak Pramuka kita yang akan kita galakkan. Kembalikan sesuai dengan fungsinya," tuturnya.

Menurut mantan Pangkostrad ini, di lokasi itu merupakan tempat bersejarah dan sempat menjadi lokasi Jambore Nasional Pramuka kedua (Jamnas II) pada tahun 1977.

"Sementara sekarang tak bisa lagi dipakai untuk pramuka karena semua dibikin tempat-tempat penginapan apa segala macam. Makanya akan kita tertibkan," terangnya.

Terpisah, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara, Baskami Ginting mengaku, tidak setuju dengan tekad pemerintah daerah setempat melakukan penertiban di lahan Bumi Perkemahan Sibolangit itu.

"Pemerintah harus berdialog dahulu dengan masyarakat, dengan tokoh di sana. Cari solusinya bagaimana," ucapnya.

Menurutnya, pemerintah sudah terlalu lama melakukan pembiaran terhadap lahan bumi perkemahan itu. Sehingga masyarakat datang dan menetap di sana.

"Jadi, harus berdialog dahulu. Masyarakat membutuhkan mencari makan, membutuhkan rumah, eh tiba-tiba sekarang diusir begitu saja kan enggak pas juga," tambahnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Diwacanakan Hadir di HPN Medan, TNI/Polri Pastikan Aman

Politisi PDIP Sumatera Utara ini juga meminta kepada pemerintah untuk tidak melakukan penertiban sebelum masyarakat diajak untuk bermusyawarah.

"Tujuannya, untuk kebaikan bersama. Musyawarah dahululah," terangnya.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berencanan akan melakukan eksekusi lahan bumi perkemahan (bumper) Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang pada Januari 2023. Akan tetapi, dikarenakan adanya perayaan natal dan tahun baru. Sehingga ditunda dan akan dilakukan dalam waktu dekat. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga