Gubernur Sumatera Utara Copot Kadis PUPR Gegara Pengaspalan Jalan

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Minggu, 21 Mei 2023
0 dilihat
Gubernur Sumatera Utara Copot Kadis PUPR Gegara Pengaspalan Jalan
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi ketika meninjau proyek infrastruktur di Kabupaten Simalungun. Foto: Humas Pemprov Sumatera Utara

" Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi mengevaluasi jabatan yang diemban oleh Bambang Pardede selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) "

MEDAN, TELISIK.ID - Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi mengevaluasi jabatan yang diemban oleh Bambang Pardede selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Pencopotan itu diduga masalah jalan atau infrastruktur yang kurang baik di Sumatera Utara. Selain itu, Bambang dievaluasi bersamaan dengan kedatangan Presiden Joko Widodo yang mengecek infrastruktur di Desa Sialang Taji, Kecamatan Waluh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara.

Sekretaris Daerah Sumatera Utara, Arief S Trinugroho membenarkan jika Bambang sudah dibebastugaskan dari jabatannya.

Baca Juga: Polda Sumatera Utara Belum Tangkap Big Bos Pengedar Narkoba di Simalungun

"Iya, selanjutnya akan dilakukan lelang jabatan untuk mengganti posisi Pak Bambang," kata Arief kepada media, Minggu (21/5/2023) siang.

Menurut Arief, pihaknya masih melakukan evaluasi terhadap sejumlah dokumen untuk melakukan lelang jabatan yang lowong setelah Bambang bebastugaskan.

"Jika sudah lengkap semua dokumen atau administrasi, maka akan dibuka lelang jabatan itu untuk eselon II nanti," terangnya.

Sedangkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumatera Utara, Safruddin mengaku, Bambang dicopot dari jabatannya karena kinerjanya diduga buruk untuk proyek infrastruktur jalan senilai Rp 2,7 triliun yang dikerjakan saat ini.

"Realisasi proyek tidak maksimal, kinerja tidak maksimal. Mungkin itu penyebabnya sehingga dievaluasi oleh Bapak Gubernur Sumatera Utara. Kami sedang melakukan proses pemberkasan yang bersangkutan," kata Safrudin.

Diakui Safrudin, Bambang dievaluasi sesuai dengan surat keterangan tentang bebas tugas yaitu 27 Mei 2023. Padahal, di saat itu Presiden Joko Widodo sedang melakukan kunjungan dan mengecek jalan rusak di Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Baca Juga: Kecewa pada Penyidik Polres Binjai, Petani Minta Kapolda Sumatera Utara Copot Kasatreskrim

"Iya, 17 Mei 2023 kemarin, SK itu diserahkan kepada yang bersangkutan. Untuk sementara Kepala Bidang Pembangunan Dinas PUPR Sumatera Utara, Marlindo Harahap ditunjuk menjadi pelaksana tugas," terangnya.

Sebagaimana diketahui, anggaran sebesar Rp 2,7 triliun dikucurkan oleh Pemprov Sumatera Utara untuk pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 450 Km di wilayah itu. Proyek tersebut dimulai pada 2022 dan ditargetkan sudah selesai di tahun 2023. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga