Habiskan Dana PEN Rp 204 Miliar, Jalan Inner Ring Road Kendari Segera Diresmikan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 14 Desember 2023
0 dilihat
Habiskan Dana PEN Rp 204 Miliar, Jalan Inner Ring Road Kendari Segera Diresmikan
Inner ring road bakal diresmikan oleh Pemkot Kendari akhir Desember 2023. Foto: Kolase

" Pemkot Kendari bakal meresmikan jalan baru inner ring road yang pembangunannya dimulai sejak 2021, dan masa kontrak pengerjaan seharusnya berakhir pada Oktober 2022. Pengerjaan jalan sendiri menghabiskan anggaran PEN senilai Rp 204 miliar "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemkot Kendari bakal meresmikan jalan baru inner ring road yang pembangunannya dimulai sejak 2021, dan masa kontrak pengerjaan seharusnya berakhir pada Oktober 2022. Pengerjaan jalan sendiri menghabiskan anggaran PEN senilai Rp 204 miliar.

Rencananya, Pemkot Kendari akan meresmikan inner ring road pada akhir Desember 2023. Hadirnya inner ringroad bisa mengakomodir pelintas yang meningkat seiring pertumbuhan kota lulo.

Hal itu dilakukan untuk mencegah kemacetan yang kerap terjadi, terutama pada sore hari. Selain itu juga untuk mencegah potensi kemacetan ke depan, jadi antisipasi sebelum terjadi.

Baca Juga: Diretrestnarkoba Polda Sulawesi Tenggara Hancurkan 1.390 Gram Sabu

Inner ringroad di kawasan Kambu nantinya akan menghubungkan Jalan Z.A Sugianto (Tapak Kuda/Samping RSUD Kendari) dengan Jalan MT Haryono (pertigaan UHO), sedangkan di Kawasan Wuawua akan menghubungkan Jalan MT Haryono (Praja II) dengan Jalan La Ode Hadi (depan taman Kali Kadia/Trans Studio).

Menurut Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, progres pengerjaan jalan saat ini sudah mencapai 90 persen. "Tinggal satu jembatan yang masih dalam proses pengerjaan, di depan Mall The Park Kendari sudah di atas 90 persen," beber Asmawa.

Senada, Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan berharap, selain mengurai kemacetan, jalan tersebut akan memudahkan akses masyarakat, misalnya ke taman kali Kadia yang semakin cepat, akses ke rumah sakit.

"Kalau mobilitas lancar maka ekonomi juga lancar, ekonomi akan tumbuh, apalagi setelah pandemi ini semua harus pulih, termasuk ekonomi masyarakat," ucap Subhan.

Baca Juga: UPTD Taman Budaya Dikbud Sulawesi Tenggara Gelar Museum Keliling

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kendari, Erlis Sadya Kencana menyampaikan, mega proyek jalan masih terus memenuhi persyaratan teknis dalam pembangunan jalan itu, seperti dua bentangan jembatan yang terletak di beberapa titik jalan, sehingga kata dia, jalan tersebut bisa selesai 100 persen tahun depan.

"Bentangan 25 sudah, water girter baru kita sudah sedang pengerjaan upfritan, sekarang finishing yang cukup besar itu bentangan 90, kita harapkan di Desember ini bisa soft opening," tambahnya.

Total panjang jalan tersebut adalah 4,1 Km,  menghubungkan Jalan Kali Kadia-RSUD Kendari sepanjang 1,5 Km, dan Jalan ZA Sugianto-Jalan HEA Mokodompit atau Kampus Baru sepanjang 2,6 Km. Ada empat jembatan di sepanjang jalan tersebut, dua jembatan panjangnya 90 meter, dan dua jembatan lainnya sepanjang 35 meter. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga