Handbody Racikan Trand dan Banyak Digunakan Wanita Ternyata Berbahaya

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Sabtu, 18 Februari 2023
0 dilihat
Handbody Racikan Trand dan Banyak Digunakan Wanita Ternyata Berbahaya
Penggunaan handbody racikan ternyata sangat berbahaya bagi kulit. Foto: Youtube dr Richard Lee

" Banyak kaum hawa (perempuan) yang ingin memiliki kulit cerah atau putih agar penampilannya lebih mempesona dan tentunya lebih percaya diri. Untuk memiliki kulit cerah tentunya dibutuhkan perawatan ekstra yang harus dilakukan secara rutin "

KENDARI, TELISIK.ID - Banyak kaum hawa (perempuan) yang ingin memiliki kulit cerah atau putih agar penampilannya lebih mempesona dan tentunya lebih percaya diri. Untuk memiliki kulit cerah tentunya dibutuhkan perawatan ekstra yang harus dilakukan secara rutin.

Perawatan untuk menghasilkan kulit yang cerah pastinya membutuhkan waktu yang lama, oleh karena itu banyak perempuan memilih cara insan tanpa memikirkan efek samping penggunaannya.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu remaja dari Kota Kendari, YS (17) yang mencoba menggunakan handbody racikan yang katanya bisa membuat kulit lebih cepat cerah.

Baca Juga: Ini 10 Penyebab Benjolan di Miss V, Hati-hati Kanker

"Saya lihat orang-orang yang pakai kulitnya putih, jadi saya mau coba juga, kebetulan saya beli baru Minggu lalu dan hasilnya memang bagus kulitku lembab, tidak kering lagi," ujar YS, Sabtu (18/2/2023).

Owner Zesya Aesthetic Clinic, dr Helmina M Biomed mengatakan, untuk body pemutih biasanya penggunaan bahan-bahan pemutih dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Penggunaan steroid dalam handbody pemutih bisa meningkatkan risiko infeksi kulit, penipisan kulit, stretchmark besar dan merah.

"Pilihlah handbody yang BPOM, jangan tergiur cepat putih tapi efek merusak kulit dan hindari body yang cepet putih pasti bahaya," ujar Helmina.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Kurang Makan Sayur Bagi Kesehatan

Dari video yang diunggah di channal youtubenya, Dr Richard mengatakan, steroid memiliki efek samping yang cukup besar, khususnya jika digunakan untuk kulit.

"Selama masih di zona amannya, steroid itu amat sangat berguna sekali dan tidak bisa dilepaskan dalam dunia kedokteran. Tapi kalau sudah di luar zona amannya, steroid itu bahaya banget. Maka itu, boleh dipakai tapi jangan sampai salah guna," tegas Richard. (A)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga