Hibahkan Lahan untuk Samsat, Pemkab Muna Berharap DBH Meningkat

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 11 Januari 2021
0 dilihat
Hibahkan Lahan untuk Samsat, Pemkab Muna Berharap DBH Meningkat
Rapat paripurna penyerahan hibah tanah ke Pemprov. Foto : Sunaryo/Telisik

" Apalagi, lahan yang dihibahkan itu, sudah tidak digunakan lagi, karena mengalami kerusakan berat dan tidak mengganggu jalannya pemerintahan. "

MUNA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna menghibahkan lahan pada Dinas Pendapatan (Dispenda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Lahan seluas 1.081 meter persegi itu merupakan eks gedung Kantor Dinas Perkebunan. Rencananya, Dispenda Sultra akan membangun Kantor UPTB Samsat.  

Bupati Muna, LM Rusman Emba diwakili Plh Sekda, Ali Basa dalam rapat paripurna penyerahaan hibah lahan menerangkan, proses hibah itu melalui persetujuan dewan.

Apalagi, lahan yang dihibahkan itu, sudah tidak digunakan lagi, karena mengalami kerusakan berat dan tidak mengganggu jalannya pemerintahan.

Baca juga: 5 Raperda di Bombana Siap Disahkan

"Kita harapkan dengan dibangunnya Kantor UPTB Samsat berdampak pada kesadaran masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor serta dapat meningkatkan dana bagi hasil (DBH) dari Pemprov ke Pemkab," kata Ali Basa, Senin (11/1/2021).

Ketua DPRD Muna, La Saemuna menjelaskan, dalam proses pembahasan di dewan terkait permintaan lokasi sebidang tanah untuk pembangunan Kantor Samsat, semua fraksi menyetujui.

"Kita setujui untuk dihibahkan, sehingga ketika bangunannya telah dibangun dapat meningkatkan PAD," kata Saemuna.

Sementara itu, KUPTD Samsat Muna, Syukur Alwan menerangkan, selama ini kantor Samsat masih meminjam bangunan milik Pemkab Muna. Dispenda Sultra, sudah lama ingin membangun kantor. Namun, selalu terkendala lahan.

Dengan demikian, dengan adanya hibah lahan dari Pemkab, tentunya Dispenda akan segera mengusulkan anggaran untuk pembangunan kantornya.

"Tahun 2019, anggarannya sudah tersedia sebesar Rp 1,8 miliar, tetapi karena persoalan tidak adanya lahan, dananya kembali ditarik. Saat ini, lahan sudah ada, insya allah di APBD-P 2021, anggarannya bisa tersedia," pungkasnya. (A)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga