Hindari Minum Teh Saat Sahur, Ini 3 Dampaknya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 10 Maret 2024
0 dilihat
Hindari Minum Teh Saat Sahur, Ini 3 Dampaknya
Sebaiknya hindari minum teh saat sahur. Foto: Repro Freepik.com

" Tahukah Anda, ternyata minum teh saat sahur dapat sedikit mengganggu ketahanan tubuh selama berpuasa "

KENDARI, TELISIK.ID - Makan dan minum saat sahur sangat penting untuk menjaga kekuatan kita selama menjalani puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Namun, ada minuman yang sebaiknya dihindari saat sahur.

Disarankan untuk menyantap makanan yang bernutrisi saat sahur agar kebutuhan gizi tercukupi. Selain itu, penting juga untuk minum air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi.

Meskipun saat sahur berada di waktu dini hari yang dingin, meminum secangkir teh panas setelah makan dapat menjadi sesuatu yang nikmat.

Namun tahukah Anda, ternyata minum teh saat sahur dapat sedikit mengganggu ketahanan tubuh dalam berpuasa. Dilansir dari Alodokter.com, berikut dampak buruk yang dapat dirasakan minum teh saat sahur:

Baca Juga: Cara Cegah Makan Berlebihan Saat Lebaran

- Menaikkan risiko asam lambung naik

Kandungan kafein dalam teh dapat merangsang peningkatan produksi asam lambung, yang pada gilirannya bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada perut.

- Mengganggu penyerapan zat besi

Tidak hanya saat sahur, meminum teh langsung setelah makan sebenarnya tidak dianjurkan. Meskipun teh mengandung antioksidan yang bermanfaat, minumnya setelah makan bisa mengikat zat besi dan mineral lain dalam makanan, sehingga mengganggu penyerapan nutrisi oleh tubuh.

Baca Juga: Pewarna Makanan Alami Ini Aman Dikonsumsi

- Membuat mudah haus

Teh memiliki efek diuretik yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil seseorang. Efek ini menyebabkan tubuh kehilangan cairan dengan cepat dalam waktu singkat, yang kemudian dapat menyebabkan rasa haus meningkat.

Nah, itulah beberapa dampak yang bisa dialami ketika minum teh saat sahur. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga