Hugua Pastikan Tidak Ada Penghapusan Honorer

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Selasa, 14 Februari 2023
0 dilihat
Hugua Pastikan Tidak Ada Penghapusan Honorer
Tenaga honorer dipastikan tidak akan dihapus sebab dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), tidak ada salah satu pasal dan ayat pun yang menyelipkan kata penghapusan. Foto: Repro Tirto.id

" Hugua memastikan pemerintah tidak akan menghapus honorer sebab dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN tidak ada pasal dan ayat yang menyelipkan kata penghapusan "

KENDARI, TELISIK.ID - Penghapusan tenaga honorer atau non ASN tahun 2023 ini semakin hangat jadi perbincangan. Penghapusan honorer ini akan diberlakukan pemerintah sampai akhir tahun 2023.

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi II DPR RI, Ir. Hugua memastikan pemerintah tidak akan menghapus honorer sebab dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), tidak ada salah satu pasal dan ayat pun yang menyelipkan kata penghapusan.

Hugua mengatakan, negara tidak melarang kepala daerah maupun instansi pusat merekrut tenaga honorer atau istilah lainnya sesuai kreativitas pimpinan instansi. 

"Yang dilarang negara adalah merekrut tenaga honorer untuk kepentingan politik. Contohnya, karena bertujuan menang di pemilu, maka menjanjikan para pendukungnya untuk dijadikan honorer," ujar Hugua.

Baca Juga: Penghapusan Tenaga Honorer, DPRD Muna Minta Pemkab Siapkan Langkah Antisipasi

Mantan Bupati Wakatobi dua periode ini juga menjelaskan, terkait sudah adanya sejumlah pemda yang telah melakukan PHK, itu terlalu berlebihan. Jangan sampai kebijakan itu hanya untuk memasukkan pendukungnya yang baru.

"Sudah rahasia umum perekrutan honorer baru hanya untuk kepentingan politik dan itu melanggar undang-undang," lanjutnya.

Baca Juga: Penghapusan Pegawai Honorer Bakal Berdampak Luas pada Jalannya Pemerintahan

Dilansir dari radarcirebon.id, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, tenaga honorer di daerah masih sangat dibutuhkan, apalagi untuk bidang tertentu sehingga kebijakan tentang penghapusan honorer harus dipertimbangkan lebih matang lagi.

"Sampai saat ini belum ada keputusan final mengenai kebijakan apa yang akan diberikan untuk seluruh honorer. Sebab setiap kebijakan implikasinya pada anggaran," jelas Zaki.

Dia menambahkan, tidak hanya guru, tenaga kesehatan, dan penyuluh, tetapi juga tenaga teknis lainnya akan diperjuangkan nasibnya, apalagi mereka sudah bekerja bertahun-tahun. (B-Adv)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga