Ibu Hamil Perlu Perhatikan Ini Jika Ingin Menyusui Tapi Minum Obat

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 25 Juni 2023
0 dilihat
Ibu Hamil Perlu Perhatikan Ini Jika Ingin Menyusui Tapi Minum Obat
Ibu menyusui boleh meminum obat dengan memperhatikan beberapa hal, salah satunya adalah sesuai dengan aturan dan petunjuk dokter. Foto: Alodokter.com

" Sebagian besar ibu menyusui khawatir ketika meminum obat karena akan berdampak pada kualitas ASI, namun apakah benar demikian? "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagian besar ibu menyusui khawatir ketika meminum obat karena akan berdampak pada kualitas ASI, namun apakah benar demikian?

Pasalnya, hampir semua obat yang dikonsumsi juga dapat masuk ke ASI. Rupanya, kadar obat yang masuk ke ASI berbeda-beda tergantung jenisnya.

Mengutip Klikdokter.com, ada yang masuk ke ASI dalam jumlah cukup besar, sehingga bisa memengaruhi kesehatan si kecil. Obat jenis inilah yang tidak boleh dikonsumsi selama menyusui.

Baca Juga: Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih Meski Sama-Sama Bumbu Masak

Gejala pada anak yang bisa muncul akibat ibu menyusui mengonsumsi obat yang tidak tepat antara lain anak rewel, muntah, kemampuan mengisap ASI terganggu, dan gangguan tidur. 

Dilansor dari Kompas.com, banyaknya obat yang masuk ke dalam ASI dan pengaruhnya pada bayi tergantung pada umur dan kesehatan bayi, jenis obat, berapa banyak yang diminum, dan kapan diminum.

Anda harus berhati-hati jika bayi Anda prematur atau dalam kondisi sakit. Obat yang berbahaya diskonsumsi selama menyusui Terkadang, dokter meminta seorang wanita untuk berhenti menyusui saat mereka meminum beberapa obat karena dapat membahayakan bayi.

Contoh obat-obatan yang tidak cocok untuk wanita menyusui antara lain:

- Beberapa obat kemoterapi untuk kanker

- Beberapa obat untuk kondisi jantung seperti irama jantung yang tidak teratur

- Lithium untuk beberapa kondisi kesehatan mental seperti gangguan bipolar

- Obat suntik yang digunakan selama pemindaian MRI

- Beberapa obat yang digunakan untuk mengobati kondisi kulit seperti jerawat atau psoriasis.

Baca Juga: Deretan Makanan yang Baik Bagi Penderita Sesak Napas

Jangan berasumsi bahwa obat herbal dan teh aman dikonsumsi selama Anda menyusui. Anda harus selalu berbicara dengan dokter atau bidan sebelum mengonsumsi obat apapun, termasuk obat herbal.

Perhatikan ini sebelum minum obat saat menyusui

Ibu menyusui boleh minum obat tertentu yang diizinkan. Hal tang terpenting, perhatikan kategori obat yang akan kamu minum. Carilah sumber tepercaya yang dapat menunjukkan apakah obat tersebut aman atau tidak untuk dikonsumsi ibu menyusui. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga